3 Tips Lulus SNMPTN Fakultas Kedokteran


Apakah kamu adalah seorang pejuang di SNMPTN yang ingin masuk ke Fakultas Kedokteran ? atau kamu ingin lulus SNMPTN di fakultas kedokteran ? tapi kamu belum tahu bagaimana caranya agar peluang kamu besar untuk bisa lulus di fakultas kedokteran ? jika belum maka ada baiknya kamu membaca artikel ini hingga selesai.

Untuk bisa lulus SNMPTN memang tidak ada penilaian yang pasti. Pada saat kamu mendaftar mungkin yang diminta hanya berupa keterangan nilai akademik kamu dan prestasi akademik maupun non-akademik kamu. Panitia penyeleksi juga memeriksa seberapa eksis sekolah tersebut.

Menurut saya untuk bisa keterima jalur ini kamu sebenarnya harus sudah tahu mengenai SNMPTN semenjak dari kelas X, agar kamu bisa menargetkan berapa nilai yang ingin kamu capai. Masalahnya kebanyakan dari mereka yang mengenal SNMPTN di kelas XII dan mulai menyesali nilai mereka pada kelas I dan II. Semoga kedepannya para alumni dari sekolah kamu atau bahkan sekolah kamu sendiri akan memberikan informasi mengenai SNMPTN mulai dari pertama kamu masuk sekolah.

Banyak cerita mengenai SNMPTN. Ada yang punya prestasi banyak dan sudah jelas membangakan negara dan sekolahnya tapi tetap saja ditolak oleh PTN walaupun jumlahnya sedikit ya. Ada juga yang tidak punya prestasi dan termasuk siswa/i yang biasa malah bisa diterima di jalur SNMPTN ini. Jadi intinya tidak ada kepastian mengenai penilaian SNMPTN. Hal yang bisa kamu lakukan hanya memaksimalkan peluang yang ada.

Apalagi kalau kamu ingin masuk ke fakultas kedokteran. Ketahui lah fakultas kedokteran merupakan sebuah jurusan favorit yang peminatnya adalah salah satu terbanyak dari jurusan lainnya. Memang tidak mudah untuk keterima di jurusan ini, apalagi kamu menggunakan jalur SNMPTN. Mungkin kamu hanya punya peluang sangat sedikit untuk bisa lolos. Tapi tidak ada salahnya kamu mencoba kan ? Berikut ini adalah 3 tips lulus SNMPTN Fakultas Kedokteran.

Tips Lulus SNMPTN Fakultas Kedokteran

tips lulus snmptn kedokteran

1. Nilai Rata-Rata

Jika kamu memang ingin lulus melalui jalur SNMPTN untuk bisa masuk ke fakultas kedokteran maka kamu setidaknya harus punya nilai rata-rata 90. Nilai rata-rata disini maksudnya adalah mencari seluruh rata-rata dari mata pelajaran yang ada dari setiap semester dan mencari lagi rata-rata nilai dari seluruh semester.

Jika nilai rata-rata kamu 90 maka beranilah mencoba untuk mendaftar dari jalur SNMPTN. Tapi tips ini khusus untuk kamu yang ada di jurusan IPA. Kalau kamu berada di jurusan IPS peluang kamu untuk lulus di jurusan ini ada tapi sangat kecil hampir mendekati tidak mungkin, sebaiknya kalau kamu berada di jurusan IPS ambillah program Soshum, kalau kamu merasa tetap ingin mencoba di fakultas kedokteran maka silahkan saja mencoba 😀 .

Untuk itu agar nilai rata-rata kamu bisa mencapai 90 setidaknya kamu harus serius belajar mulai dari kelas X. Itu juga alasan kenapa kamu harus sudah mengetahui yang namanya SNMPTN ini dari kelas X SMA. Jika kamu sudah tahu hal ini dan kamu sekarang berada di kelas X SMA sebaiknya kamu mulai serius untuk belajar karena ini akan mempermudah kamu untuk bisa lulus SNMPTN di fakultas kedokteran.

Baca Juga Mengenai Tips Belajar Saintek SBMPTN Di Sini.

2. Prestasi

lulus snmptn kedokteran

Untuk bisa lulus SNMPTN di fakultas kedokteran selain yang namanya nilai setidaknya kamu harus punya prestasi yang cukup. Jika kamu tidak memiliki prestasi di bidang akademik atau non-akademik, kamu masih punya peluang untuk bisa lulus SNMPTN di fakultas kedokteran.

Memang punya prestasi akademik dan non-akademik tidak akan menjamin kamu lulus di fakultas kedokteran ini. Setidaknya kalau kamu ada prestasi akademik atau non-akademik yang bisa dilampirkan maka peluang kamu untuk bisa lulus SNMPTN fakultas kedokteran akan semakin besar.

Prestasi ini bisa kamu dapatkan kalau kamu berada di juara 1,2 atau 3. Kalau hanya sekedar sertifikat sebaiknya tidak perlu kamu lampirkan karena menurut saya itu tidak akan terlalu dilirik oleh panitia penyeleksi. Jadi kalau kamu belum punya prestasi sekarang ini silahkan cari dan gapai prestasi tersebut. Jangan menyerah sebelum dicoba ya…

3. Sekolah

snmptn fakultas kedokteran

Sekolah juga punya peranan sangat penting agar kamu bisa lulus SNMPTN fakultas kedokteran. Tim penyeleksi SNMPTN juga akan memeriksa seberapa eksis sekolah kamu. Kamu juga tidak perlu takut kalau sekolah kamu adalah swasta. Banyak kok swasta yang sama eksisnya dengan negeri.

Memang untuk bisa lulus di jalur SNMPTN itu susah apalagi kalau kamu mengambil fakultas kedokteran sebagai tempat kamu menimba ilmu nantinya. Akreditasi sekolah juga tak kalah penting. Akreditasi sekolah menunjukan kinerja, fasilitas, dan pelayanan yang ada di sekolah. Jadi bagi kamu yang mau masuk ke SMA perhatikan juga akreditasi sekolahnya ya.

Saran dari saya kalau kamu memang ingin lulus SNMPTN fakultas kedokteran sebaiknya cari sekolah yang punya akreditasi A. Setidaknya dengan akreditasi A ini kamu akan punya peluang yang besar untuk lulus SNMPTN.

Kesimpulan Dari Tips Lulus SNMPTN Fakultas Kedokteran.

SNMPTN hampir sama dengan pasanganmu yang penuh dengan ketidak jelasan dalam memberikan informasi dan mengenai bagaimana prosedur penyeleksinya. Untuk bisa lulus SNMPTN yang paling penting 3 hal tersebut. Maksimalkan dari segi nilai, prestasi, dan tentunya bagaimana kamu memilih sekolah. Jangan cepat pesimis karena melihat sekolah kamu yang kurang bagus atau nilai kamu yang belum bagus. Jadi tetap semangat dan terus berjuang.

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi