Ini Dia 5 Tips Memilih Jurusan SBMPTN !! Penting…


Hai guys… apakah kamu adalah salah satu pejuang SBMPTN ? dan apakah kamu ingin tahu mengenai tips memilih jurusan SBMPTN ? cara memilih jurusan SBMPTN ? jika iya maka kamu telah datang ke tempat yang tepat karena kali ini elsos.net akan memberikan 5 buah tips tentang bagaimana cara memilih jurusan SBMPTN yang baik dan benar.

SBMPTN sendiri menjadi sebuah hal yang cukup menakutkan untuk kamu yang berniat masuk PTN. Tentu saja itu cukup menakutkan karena bukan hanya diri kamu sendiri yang harus kamu lawan disini tapi juga semua orang yang ada di Indonesia. Cukup menakutkan bukan ?

Untuk itu dalam memilih jurusan SBMPTN juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan dalam menentukan jurusan tersebut. Kalau kamu sampai salah memasang strategi bisa jadi peluang kamu di terima di PTN tersebut semakin kecil. Dan berikut ini adalah 5 cara memilih jurusan SBMPTN.

Tips Memilih Jurusan SBMPTN

tips memilih jurusan SBMPTN

1. Pilih sesuai dengan passion kamu

Di dalam SBMPTN setahu saya sampai saat ini, kamu punya kesempatan untuk memilih 3 jurusan dengan PTN yang berbeda-beda atau di PTN yang sama, untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi sbmptn.ac.id .

Ketika kamu memilih 3 pilihan tersebut usahakan kamu pilih jurusan yang sesuai dengan passion atau minat kamu. Jika seandainya pun kalau kamu lulus di pilihan kedua dan ketiga kamu masih punya minat yang tinggi untuk kuliah.

Karena ada beberapa kasus dari mereka yang lulus di pilihan kedua dan ketiga, mereka tetap tidak minat untuk kuliah di jurusan tersebut. Jadi pilihlah jurusan yang memang kamu punya passion di jurusan tersebut, jangan pilih jurusan yang tidak kamu sukai atau kamu pilih jurusan tersebut karena di paksa atau yang lainnya. Akibatnya nanti akan kamu rasakan ketika kamu kuliah karena jurusan yang kamu pilih tidak sesuai dengan passion kamu.

Baca juga mengenai jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA

2. Urutkan Pilihan Dengan Bijak

bijak dalam memilih jurusan

Seperti yang saya bilang tadi di dalam SBMPTN ada tiga pilihan yang bisa kamu ambil dan kamu pilih jurusan dan PTN-nya. Urutan dalam pilihan pertama, kedua, dan ketiga juga menjadi prioritas kamu dalam memilih.

Gampangnya seperti ini jika kamu punya rencana untuk masuk jurusun a di ptn a, kalau kamu tidak masuk ke situ, kamu ingin mencoba masuk ke jurusan b di ptn b, dan kalau kamu tidak juga masuk ke situ, maka kamu mau untuk masuk ke jurusan c di ptn c. Nah dari hal tersebut kamu bisa memilih pilihan pertama kamu adalah jurusan a ptn a, kedua : jurusan b di ptn b, dan ketiga : jurusan c di ptn c. Kalau kamu masih belum mengerti silahkan koment di bawah ya, jangan malu untuk bertanya.

Nah dalam mengurutkannya kamu juga harus memperhatikan yang namanya passing grade, memang nilai ini belum pasti dan tidak bisa dijadikan acuan tapi setidaknya ini bisa menjadi alat bantu kamu untuk bisa mengurutkan pilihan kamu. Urutkan pilihan kamu dengan passing grade yang tertinggi ke passing grade yang terendah. Kamu bisa coba search di google untuk passing grade yang ingin kamu cari. Kamu juga harus mencari kuota atau daya tampung dari suatu jurusan dan pesaingnya pertahun. Hal ini akan memberikan gambaran ke kamu untuk memilih jurusan tersebut atau tidak.

3. Sesuaikan Dengan Kemampuan Kamu

passion

Ini adalah tips memilih jurusan SBMPTN yang paling harus kamu perhatikan. Pilihlah jurusan dan PTN yang kamu inginkan sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu bisa mengukur kemampuan kamu dengan melakukan TO. Kamu bisa mencoba untuk mengikuti TO mandiri atau TO dengan beberapa acara yang ada. Biasanya TO ini 2 bulan sebelum SBMPTN banyak bermunculan.

Setelah kamu mendapatkan nilai TO, kamu bisa mencoba dengan menyocokkan passing grade yang ada. Misal kamu mendapatkan nilai TO sebesar 45 % lalu tambahkan saja lagi 5% untuk pilihan pertama kamu. Jadi pilihan pertama kamu adalah jurusan dengan PG 50% atau dibawahnya dan pilihan kedua dan ketiga mempunyai passing grade yang lebih rendah dari pilihan pertama. Cara ini cukup efektif bagi kamu yang ingin memilih jurusan di SBMPTN.

Tentunya jurusan yang ingin kamu pilih juga harus sesuai dengan passion kamu ya. Bagaimana kalau kamu sudah ngebet kali ingin ke jurusan yang pg nya tinggi namun nilai TO atau kemampuan kamu masih rendah ?? Hal satu-satunya yang bisa kamu lakukan adalah belajar lebih giat lagi dan tambah porsi belajar kamu. Kalau kamu mau pasti kamu bisa dan yang terpenting jangan takut 😀 .

4. Saran Dari Orang Tua

jurusan IPA atau IPS

Tips memilih jurusan SBMPTN yang keempat ini adalah saran dari orang tua. Orang tua adalah segalanya bagi kita semua bukan ? ia adalah pembimbing dan punya peranan terbesar dalam kehidupan kita, bodoh rasanya kalau kita tidak mencoba meminta saran dari mereka.

Ketika kamu sudah mendapatkan jurusan yang ingin kamu pilih, Kamu bisa mendiskusikan jurusan tersebut ke orang tua kamu. Apabila kamu malah belum mendapatkan jurusan atau bahkan passion kamu, kamu bisa minta saran dari orang tua kamu. Yang penting satu jangan telan bulat-bulat saran dari orang tua kamu. Kamu juga harus bisa menjadi eksekutor di sini. Harus bisa memilih apakah saran tersebut benar atau salah.

Biasanya sepengalaman saya, orang tua akan setuju-setuju saja dengan anaknya dan biasanya juga mereka tidak mau terlalu ikut campur dengan masalah beginian. Tetapi kalau kamu minta saran dari mereka saya yakin saran mereka adalah saran terbaik yang ada untuk kamu.

5. Jangan Ngikut Teman

jurusan SBMPTN

Tips memilih jurusan SBMPTN yang terakhir ini adalah jangan ngikutin teman. Kalau passion kamu dengan teman kamu sama hal ini mungkin sah-sah saja tetapi kalau passion kamu dengan teman kamu berbeda jangan pernah untuk ikut-ikutan teman kamu dalam memilih jurusan dan PTN.

Hal ini sangat penting karena kalau kamu tidak memilih jurusan dengan passion yang ada pada dirimu hal ini akan berdampak ketika kamu kuliah nanti. Akan banyak hambatan kalau kamu kuliah tida dengan passion kamu.

Jadi pilihlah jurusan dan PTN dengan minat kamu dan tentunya dengan diri kamu sendiri. Jangan terpengaruh oleh orang lain baik itu masalah prospek kerja atau proses kuliahnya. Percayalah ketika kamu punya minat dengan jurusan tersebut maka semua hal akan menjadi mungkin karena kamu menjalani hari-hari kuliahmu dengan sepenuh hati.

Kesimpulan Cara Memilih Jurusan SBMPTN

Memilih jurusan adalah langkah awal sehingga kamu tahu apa saja yang harus kamu pelajari dalam mempersiapkan diri menghadapi SBMPTN. Ketika kamu mendapatkan jurusan dan PTN kamu pastikan itu sudah menjadi hal yang tetap dan pasti. Gunakan ke 5 tips di atas dan eksplor lebih jauh lagi mengenai jurusan yang tepat denganmu. Biasanya kalau kamu bisa menjawab pertanyaan seperti ini : apa jurusan kuliah yang akan kamu ambil ? kenapa kamu ambil jurusan tersebut ? apa motivasi terbesar kamu masuk ke jurusan tersebut ? apa yang akan kamu pelajari semasa kuliah ? mau jadi apa kamu nanti setelah lulus ? jika kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan lancar dan baik maka sudah bisa dipastikan itu merupakan jurusan yang cocok dengan kamu. Jadi apakah kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut ? silahkan jawab dikolom komentar.

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi