Aldreiya Stier (Perjuangan Masuk Ilkom USU)


Hai guys, kali ini gua akan menceritakan tentang perjuangan gue bisa lulus sbmptn di USU.

bisa dibilang perjuangan gue enggak terlalu menarik sih buat diceritakan,tapi apa salahnya gue ngeshare cerita gue wkwkw.

ILKOM USU

perjuangan gue dimulai saat gue mulai kelas 2 SMA dan mulai mengenal yang namanya SBMPTN. Waktu itu gue kepengennya masuk ke ITB atau universitas lainnya yang berada di sekitaran pulau Jawa. Jadi gue mulai belajar sbm, gue pun minta ke ortu buat ikut les.

Tapi sayangnya karena kendala keuangan akhirnya terpaksa menunda les unttuk sementara sampai keuangan mulai lancar.

Untungnya ada teman dekat gue yang daftar les jadi gue bisa minta diajari sama dia dan dia juga bantu ngasi soal-soal dari lesnya ke gue dan ngajakin TO juga kalo dapat info. karena banyak nya info TO akhirnya gue jadi rajin ikut TO sana sini meskipun hasilnya gak pernah ada yang memuaskan,dan gak pernah lebih dari 30% passing grade yg gue dapet. Tapi gue gak pernah menyerah ikut TO karena gue yakin mungkin suatu saat gue bakal dapat nilai yang memuaskan. saat mulai fokus ke sbm, tiba-tiba datanglah orang dari stan yang memberikan info tentang stan.

Lihat juga tentang SBMPTN disini.

Akhirnya gue pun mencari tahu tentang stan,tentang jurusan apa aja yang ada, prospek kedepannya, dan fasilitas-fasilitasnya.  ternyata kalau kiliah di stan uang kuliahnya gratis dan gitu dapat uang jajan pula, tamatnya pun jadi pns siapa yang gak tertarik coba sama perguruan tinggi seperti itu, gua pun memutuskan untuk pindah haluan dari sbm ke stan dan mulai fokus ke stan. dan sama seperti  halnya pertama kenal sbm gue pun minta ke ortu buat daftar les, dan ternyata mengalami kendala yang sama :’). tapi untungnya teman dekat gue tertarik juga buat ikut stan. dia pun daftar les stan, tapi dia enggak mau ninggalin les sbmptnnya, jadinya dia harus rela menghabiskan banyak waktu untuk les sbm dan stan. dan sekali lagi beruntunglah gue  karena teman gue itu baik jadi dia masih ngasi soal-soal yang dia dapat dari tempat lesnya :). dengan antusiasnya gue belajar bahan-bahan dari teman gue itu dan dalam benak gue ternyata soal-soal stan enggak sesusah soal sbm tpanya rata-rata soal logika dan soal yang menurut gue susah nya di bagian bahasa inggrisnya, maklum lah gue agak sukar mengingat pelajaran jadinya tenses-tensesnya gue gak terlalu hafal. tapi gue terus mencoba memahami walau sulit dan akhirnya tiba waktunya pendaftaran stan, gue dan temen gue pun akhirnya daftar dan mulai mempersiapkan semua persiapan untuk ujiannya.

dan tibalah hari H, hari dimana ujian berlangsung. entah kenapa setiap ujian gua gk pernah terlalu gugup jadinya waktu ujian lancar-lancar aja, tapi waktu ujian entah kenapa gue malah gak bisa inget cara ngerjain soal tbinya. ujian pun selesai, tinggal menunggu hasil bbrp minggu setelahnya. Dan jeng jeng jeng,keluarlah pengumuman hasilnya. Mencari dan terus mencari dan akhirnya…..  gue mendapati bahwa gue enggak lulus aaaahhhhh….

perasaan sedih, kecewa dan perasaan lainnya langsung menyelimuti diri gue.

sedihnya ditolak SBMPTN

enggak tau lagi harus apa mau daftar sbm pun rasanya percuma,bayar 200 ribu gak belajar apa-apa.bingung akan masa depan yang kan datang.tapi teman dekat gue ternyata enggak lulus juga dan terdengarlah kabar yang lumayan menggembirakan dari kawan gue yang lain bahwasannya  anak bidikmisi gratis pendaftaran sbm. kebetulan gue dan temen dekat gue itu daftar bidikmisi jadinya kami daftar sbm,dan jurusan yang gue pilih pun yang pgnya enggak terlalu tinggi-tinggi cuma ilkomp usu 43,1%, teknik mesin usu 40,1%, dan teknik mesin dan biosistem 37,2%. sebelum hari ujian gue sama sekali enggak ada belajar apapun karena masih mengingat rasa yang ditinggalkan saat melihat pengumuman stan :’).

jadi kegiatan gue beberapa hari sebelum ujian sbm ya cuma main game sampe puas hahaha.

dan gue pun mengikuti tes sbmnya,dan akhirnya siap tinggal menunggu hasil. waktu itu hampir tengah malam waktu gue memberanikan diri melihat pengumumannya,dengan ragu-ragu gue membuka situsnya yang kala itu servernya sedang down,terus mencoba tanpa putus asa, dan akhirnya yang gue dapati adalah pengumuman  bahwa gue LULUS, puji syukur untuk tuhan yang maha pemberi lagi maha penyayang, tanpa disangka-sangka anak yang belajar ke stan, dan malah main game sebelum ujian sbmnya bukannya belajar malah lulus di sbm.

cerita masuk USU

 

sekianlah cerita pengalaman gue mengikuti sbmptn, tips dari gue belajarlah dan terus belajar karena pada akhirnya kau akan menerima hasil yang memuaskan jika kau terus berusaha, jangan putus asa hanya karena cobaan yang engkau hadapi dan terasa berat bagimu karena sesungguhnya  jika kau berhasil melewati cobaan itu kau kan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan pada akhirnya.

Bagi kamu yang ingin bertanya dengan gue seputar Ilkom usu ataupun ptn lainnya kamu bisa komment dibawah ini ya 😀

Salam SOS
Elsos.net
Aldreiya Stier