Berikut Ini Adalah 13 Cara Belajar Yang Efektif


Hai guys.. Apakah kamu sedang mencari tips belajar yang efektif ? cara belajar yang efektif ? atau tentang cara belajar yang baik ? jika iya maka kamu harus menetap di sini selama beberap menit karena kali ini Elsos.net akan membagikan beberapa tips tentang belajar yang baik dan benar.

Belajar merupakan sebuah proses dari sebuah kegiatan yang awalnya kamu tidak tahu tentang sesuatu hal dan setelah melakukan proses tersebut kamu mulai mengetahui hal tersebut. Intinya dari tidak tahu menjadi tahu itulah yang dinamakan belajar. Belajar sendiri bisa kamu lakukan dimana saja dan kapanpun pada zaman ini, hanya bermodal alat yang berbentuk petak kecil atau biasanya disebut HP kamu bisa mengakses segala informasi yang ada untuk kamu pelajari.

Tapi bagaimana tentang belajar di sekolah ? pernahkah kamu belajar untuk ujian tapi tidak mendapatkan hasil yang maksimal ? atau ketika kamu belajar setelah itu kamu langsung lupa apa yang kamu pelajarin ? atau kamu sudah belajar mati-matian tapi hasilnya tetap nol ? Nah salah satu alasan kenapa hasilnya selalu nol itu ialah cara belajar kamu tidak efektif. Untuk itu kamu harus bisa mengubah kebiasaan kamu untuk belajar sehingga kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal ketika belajar nanti.

Saya sendiri dulu sering dalam hal belajar itu tidak maksimal, saya belajar hari ini namun lusanya atau keesokan harinya pasti sudah lupa tentang pelajaran itu. Hal ini sangat wajar bila kamu alami pada saat ini mungkin karena beberapa faktor kamu jadi tidak bisa belajar dengan baik. Seiring berjalannya waktu saya juga mulai merubah cara belajar saya, sehingga belajar itu tidak hanya belajar untuk ujian saja tapi belajar itu yang benar-benar belajar dimana kamu yang tadinya tidak tahu tentang hal itu dan sekarang kamu tahu dan mengerti tentang hal tersebut dan ketika kamu tahu kamu akan mengucapkan kalimat ini di mulut kamu “ OOOHhhhh….. gitu rupanya”, ya paling tidak begitulah.

Dan inilah dia beberapa tips cara belajar yang baik

Cara Belajar Efektif

cara belajar efektif

1. Tentukan tujuan kamu belajar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum belajar adalah menentukan tujuan belajar kamu, langkah ini harus kamu lakukan agar kamu bisa belajar dengan efektif.

Banyak dari mereka yang sampai sekarang bahkan tidak tahu apa tujuan mereka belajar dan jika ditanya hal seperti ini : apa tujuan kamu belajar ? buat apa kamu belajar ? apa gunanya kamu belajar ? mengapa kamu harus belajar ? kenapa kamu harus belajar ? mereka mungkin tidak bisa menjawabnya. Nah hal seperti tentu akan membuat kamu tidak maksimal dalam belajar karena kamu tidak tahu tujuan kamu dalam belajar hal tersebut. Untuk itu coba kamu cari tahu mulai dari sekarang coba kamu jawab pertanyaan yang diatas tadi dan jadikan itu sebagai acuan kamu untuk belajar nantinya.

Dalam hal mencari tujuan belajar ini, usahakan jangan tanya atau minta bantuan kepada teman kamu atau orang lain, kamu sendirilah yang harus menentukannya, karena hal ini akan sangat berpengaruh nantinya dan tentunya akan membentuk kepribadian kamu. Ketika kamu tahu apa sebenarnya tujuan dari kamu belajar itu akan menjadi sebuah prinsip bagi kamu nantinya dan tentunya prinsip tersebut harus kamu pegang kuat dalam setiap kegiatan belajar.

Ketika kamu tahu apa sebenarnya tujuan belajar kamu, percayalah kamu akan semakin mudah memahami pelajaran tersebut dan tentunya pelajaran yang kamu pelajarin akan semakin maksimal karena kamu sudah memiliki tujuan yang jelas dalam hal belajar. Untungnya lagi kamu akan lebih terarah ketika kamu belajar nantinya, jadi tentukanlah dari sekarang, apa sih sebenarnya tujuan kamu belajar ?

2. Jangan buat pemikiran bahwa belajar itu susah

cara belajar yang benar

Cara belajar yang baik ke dua ini adalah ketika kamu ingin belajar sebuah mata pelajaran jangan terlebih dahulu kamu punya pemikiran bahwa belajar pelajaran itu susah.

Matematika ? Fisika ? Kimia ? Ekonomi ? Geografi ? apakah itu pelajar yang susah ?? jawabannya adalah tidak. Semua pelajaran itu tidak susah. Jika kamu ingin mempelajarinya dengan sungguh-sungguh maka hal tadi tidak akan menjadi susah.

Banyak para siswa/I cepat menyerah dalam belajar contohnya saja pelajaran matematika. Banyak dari mereka yang belum lagi membuka buku dan membaca pelajaran matematika mereka sudah mengucapkan hal ini : wah pelajaran ini susah, gue nggak ngerti sama pelajaran ini, dll. Ya jelas lah bro… bagaimana kamu mau mengerti kalau dibaca atau dipelajari saja belum ??

Hal ini terjadi karena kamu sudah memasang pemikiran bahwa pelajaran tersebut susah, nah ini yang bahaya… kamu harus bisa menghilangkan pemikiran tersebut. Pemikiran kamu memandang tentang pelajaran matematika itu susah akan menjadi sugesti di otak kamu dan nantinya ini akan beneran terjadi pada diri kamu dan hasilnya ya.. pelajaran itu akan sangat susah buat kamu mengerti.

Jadi hilangkan pemikiran bahwa pelajaran seperti matematika, geografi, ekonomi, fisika, biologi, dan pelajaran lainnya itu susah. Hilangkan pemikiran bahwa setiap pelajaran itu susah. Apa yang kamu pikirkan itulah yang akan terjadi nantinya.

Baca juga mengenai perjuangan Aldreiya Stier disini.

3. Belajar di tempat yang nyaman

Cara belajar yang baik selanjutnya ini adalah masalah tempat untuk kamu belajar. Buatlah ruangan kamu belajar atau carilah tempat untuk kamu belajar senyaman mungkin.

Masalah tempat ini saya lebih balikkan ke diri kamu masing-masing jadi coba cari tempat seperti apakah yang bisa membuat mood kamu dalam belajar itu naik. Jika kamu suka dengan tempat sepi, rapi, dan bersih maka silahkan cari atau buat ruangan tersebut dan belajarlah di tempat tersebut. Jika kamu lebih suka belajarnya di tempat yang ramai, bersih, atau bersama orang lain maka kamu harus cari tempat tersebut.

Intinya di masalah tempat ini hanya diri kamulah yang tahu tempat seperti apakah yang cocok untuk kamu belajar. Saya beri contoh, saya sendiri lebih suka belajar di tempat yang sepi, udara yang dingin, tempat yang bersih, dan tentunya ditemani dengan secangkir teh susu atau cappuccino hangat. Jadi bagaimanakah tempat belajar yang cocok buat kamu ? silahkan tulis di kolom komentar ya ?

4. Santai

Untuk bisa belajar dengan baik dan menyenangkan kamu harus bisa santai. Belajar yang bener-bener bisa dikatakan sebagai belajar itu harus dikondisi yang santai karena ketika kamu santai maka kamu bisa menelah dan mengerti apa yang kamu pelajari.

Banyak mereka belajar di kondisi badan tidak santai tentunya ini akan menjadi penghalang bagi mereka untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Contoh kondisi dimana kamu tidak santai dalam belajar misalnya kamu hanya diberikan waktu satu jam untuk belajar karena ada ujian yang mendadak. Ini tidak akan menjadi cara belajar yang efektif buat kamu karena kamu tidak santai dalam belajar.

Belajar ketika kamu sedang ngumpul dengan teman juga tidak akan membuat diri kamu santai karena kondisi lingkungan tersebut tidak mendukung kamu untuk belajar dan diri kamu juga tidak mendukung kamu untuk belajar. Jadi jika kamu ingin santai dalam belajar kamu harus mencari tempat belajar yang nyaman terlebih dahulu atau kamu bisa mengkondisikan tubuh kamu untuk santai. Santai bro…

5. Dengarkan lagu

cara belajar dengan musik

Cara belajar yang baik kelima ini adalah mendengarkan lagu. Bagi kamu yang tidak tahan belajar berjam-jam kamu bisa mencoba mendengarkan lagu untuk membantu kamu belajar lebih lama.

Lagu yang saya maksud disini adalah musik instrumental atau musik yang tidak ada vokalnya. Jangan pilih musik yang ada suara vokalnya kalau semisalnya kamu tetap memakai lagu yang ada vokalnya kamu tidak akan fokus untuk belajar, malah nantinya kamu akan lebih cenderung untuk bernyanyi.

Instrumental yang saya sarankan adalah instrumental jazz karena instrumental ini lebih membuat seseorang lebih santai dan rileks sehingga kamu akan lebih mudah menerima pelajaran dan tentunya bisa belajar lebih lama dari biasanya. Kalau tidak percaya silahkan dicoba.

6. Ingin tahu

Cara belajar yang baik itu bukan hanya selesai belajar langsung tutup buku dan pergi main. Belajar itu merupakan sebuah proses, terkadang apa yang tidak ada di buku pelajaran sering sekali kita biarkan begitu aja atau ada pertanyaan umum seperti pertanyaan seperti ini : kenapa Negara kita masih berada dalam Negara yang berkembang padalan SDA kita sudah mendukung ? atau kenapa Negara tidak mencetak uang sebanyak-banyaknya agar rakyat makmur ? dan pertanyaan lainnya. Masih banyak siswa/I yang mungkin tidak bisa menjawab pertanyaan diatas namun yang pasti jawaban diatas ada jawabannya tetapi masih banyak siswa/I yang sifat ingin tahunya masih kurang.

Sifat ingin tahu atau kepo itu sangat penting dalam belajar selain ini akan membuat kamu lebih aktif dalam mencari informasi ini juga akan menambah wawasan kamu lebih luas lagi dan tentunya ketika kamu tahu hal tersebut kamu akan punya suatu kebanggaan sendiri. Skeptis lebih tepatnya, sifat skeptis harus kamu kembangi dari sekarang jadi semisalnya ada buku yang didalamnya terdapat tulisan antropologi maka kamu harus skeptis dan mencari tahu apa itu antropologi begitu juga dengan pelajaran yang lainnya.

Pada zaman yang canggih ini kamu bisa mencari informasi melalui internet atau kamu bisa bertanya dengan guru kamu atau teman belajar kamu. Satu lagi, guru biasanya akan menilai kamu lebih aktif jika kamu suka kepo dengan pelajarannya dan tentunya kepo kamu harus berhubungan dong dengan pelajarannya. Untuk itu kembangkanlah sifat skeptis ini ketika kamu belajar.

7. Waktu belajar

Banyak siswa yang cara belajarnya tidak efektif karena permasalah waktu. Masih banyak yang bingung kapan waktu yang baik dan tepat untuk seseorang belajar atau pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan waktu.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini hanya diri kamu lah yang tau kapan sekiranya waktu belajar yang pas untuk kamu belajar agar kamu mudah memahami apa yang kamu pelajari nantinya. Jika waktu belajar ini belum kamu tentukan biasanya kamu akan malas dalam belajar, tidak semangat ketika belajar, mengantuk, bahkan kamu bisa tertidur ketika belajar.

Saya sendiri punya waktu belajar di malam hari jadi biasanya satu setengah jam sebelum tidur saya sering belajar. Belajar itu bukan hanya belajar tentang pelajaran di sekolah banyak hal yang bisa kamu pelajarin di dunia ini. Saya sendiri lebih suka belajar mengenai sebuah penemuan misalnya kenapa lampu bisa menyala, atau kenapa ac itu bisa dingin, kenapa kipas angin itu bisa bergerak, dll. Dan juga jawabannya bukan jawaban anak SD yang tahunya karena energi listriklah benda tersebut bekerja, tetapi jawabannya harus kompleks mulai dari hal yang terkecilnya hingga terbesar mengenai benda tersebut.

Belajar juga tak butuh waktu yang lama, cukup butuh beberapa waktu asal kamu mengerti dengan pelajaran tersebut dan tentunya kamu harus paham apa yang kamu pelajarin. Buat apa belajar lama-lama kalau tidak ada satupun hal yang kamu mengerti tentang pelajaran tersebut. Jika kamu ingin menaklukan pelajaran sekolah saran saya lebih banyaklah mengulang-ngulang pelajaran di sekolah yang sudah pernah di pelajarin karena hal itu akan sangat membantu kamu ketika belajar di tahap selanjutnya.

8. Metode belajar

Supaya cara belajar kamu efektif dan baik kamu juga harus tau tentang metode belajar yang pas buat kamu. Biasanya ada tiga metode belajar. Belajar secara tulisan, lisan, dan campuran.

Jika kamu lebih suka membaca buku dan mencari-cari informasi dari internet namun tidak terlalu suka dengan yang namanya belajar dari orang lain maka kamu adalah orang yang belajar menggunakan metode belajar tulisan.

Jika kamu lebih suka belajar dengan orang lain atau membuat kelompok belajar untuk membantu kamu dalam proses belajar maka kamu termasuk orang yang menggunakan metode belajar lisan.

Jika kamu itu suka belajar dari buku dan dari orang lain maka kamu salah satu orang yang beruntung karena bisa keduanya dan ini di sebut sebagai metode belajar campuran.

Menentukan metode belajar ini sangat penting bagi kamu karena jika kamu tidak menentukan metode belajar kamu, kamu tidak akan bisa belajar dengan baik dan efektif. Maka dari itu cobalah cari metode belajar yang bagaimana yang tepat buat kamu.

9. Makanan dan minuman

belajar dengan makanan dan minuman

Maksud dari makanan dan minuman yang ada disini adalah sediakan makanan dan minuman jika kamu ingin belajar. Kalau disekolah kamu mungkin hanya bisa minum tetapi kalau di rumah kamu bisa menyediakan makanan ringan dan minuman untuk menemani kamu belajar.

Kalau bisa jangan menyediakan makanan berat seperti nasi karena ini akan membuat kamu ngantuk nantinya. Usahakan sediakan makanan ringan sehingga kamu bisa lebih tahan lama dalam belajar. Brelajar juga membutuhkan banyak energi dan ini juga salah satu alasan kenapa kamu harus menyediakan makanan ringan dan minuman agar kamu bisa lebih betah belajar nantinya.

10. Belajar bukan hanya untuk ujian

Agar belajar kamu menyenangkan dan efisien hilangkan pemikiran bahwa belajar itu ketika kamu ingin ujian saja. Banyak siswa/I yang masih menerapkan hari ini ketika esoknya ujian pada malam hari sebelum ujian mereka belajar, memang benar belajar di malam tersebut dari pada tidak belajar sama sekali namun cara ini kurang efektif.

Sebaiknya kamu sudah mulai belajar sebelum ujian itu dimulai sehingga sehari sebelum ujian kamu tinggal mengulang-ngulang pelajaran yang akan diujiankan cara ini jauh lebih efisien dan tentunya lebih membantu kamu dalam menghadapi ujian nantinya.

Saya sendiri pernah mencoba belajar di jauh hari sebelum ujian dan ternyata efek jauh benar dengan saya yang belajar hanya satu hari sebelum ujian, kamu akan lebih mudah mengingat pelajaran tersebut dalam jangka waktu yang panjang dan yang pasti kamu akan lebih mudah mengerjakan soal ujian yang ada.

11. Jangan menghapal

Cara belajar yang efektif kesebelas ini wajib kamu ikuti. Kamu jangan menghapal sebuah mata pelajaran. Jadi kalau tidak dihapal bagaimana bisa jawab soal ujian -_- ?

Menghapal itu sah-sah saja tapi akan lebih baik jika kamu mengerti tentang yang kamu pelajarin, jika kamu mengerti tentang apa yang kamu pelajarin automatis kamu pasti akan meningat hal tersebut dengan baik. Jadi jangan hanya menghapal tapi kalau bisa dipahami karena kamu akan merasakan manfaat belajar jika kamu berhasil memahami sebuah pelajaran.

Pelajaran yang kamu pahami juga bisa kamu kombinasikan ilmunya dengan ilmu yang lainnya misalnya kamu sudah belajar tentang peredaran darah manusia dalam biologi kamu juga bisa menghitung kecepatan peredaran darah manusia dengan menggunakan bantuan fisika dan kimia, keren bukan ? jadi sebisa mungkin kombinasikan semua ilmu tersebut dalam sebuah hal sehingga kamu akan mendapatkan sebuah informasi baru.

Baca juga mengenai 5 tips ketika kamu ingin masuk SMA disini.

12. Baca dan coba

Jika kamu hanya membaca dan tidak mencoba ini sama saja dengan hal yang sia-sia. Paling tidak jika yang kamu baca itu tidak bisa kamu coba kamu bisa mencoba untuk membagikan dengan menulis ulang apa yang sudah kamu baca atau kamu bisa berbagi ilmu tersebut.

Jangan menjadi orang yang hanya tau membaca namun tidak mau mencoba ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari atau membagikan ilmu tersebut kepada orang lain. Jadi jika kamu sudah membaca dan memahami sebuah ilmu berikan juga kepada orang lain karena ini juga akan menambah skill kamu dalah menyampaikan sesuatu mana tahu kamu nantinya bisa menjadi pembicara besar di sebuah seminar atau acara lainnya ??

13. Belajar membaca

belajar membaca

Tips yang terakhir ini adalah belajar membaca dengan benar. Masih banyak siswa/I yang tidak bisa membaca dan memahami artinya dengan baik dan benar. Saya beri contoh ketika masuk sekolah biasanya orang tersebut mendapatkan informasi tentang peraturan sekolah misalnya tidak boleh menggunakan sepatu bewarna merah namun ditanya kembali oleh si siswa apakah boleh menggunakan sepatuh bewarna hitam namun ada sedikit merahnya. Hal ini menggambarkan bahwa siswa/I tersebut masih tidak paham atau mengerti dengan peraturan yang ada.

Belajar membaca dengan baik dan benar serta paham dengan yang kamu baca juga akan membantu kamu ketika di dunia kerja atau di dunia perkuliahan nantinya karena jujur tidak banyak orang yang mau memberikan informasi kepada kamu sehingga salah satu jalan agar kamu tahu tentang informasi tersebut hanya membaca. Jadi mulai dari sekarang mulailah membaca dengan baik dan pahamilah arti yang kamu baca.

Kesimpulan dari belajar efektif

13 cara belajar efektif di atas bisa dijadikan referensi kamu agar kamu bisa belajar dengan baik namun semuanya kembali lagi ke cara nomor 1. Untuk bisa belajar yang efektif kamu harus punya tujuan dan motivasi kamu belajar sehingga kamu akan lebih semangat dalam belajar nantinya. Jadi semuanya tergantung pada diri kamu apakah diri kamu ingin diam saja di jalan yang panjang ini, berjalan, atau berlari di jalan ini ? semua bergantung pada diri kamu dan selalu jadilah diri kamu sendiri.

Salam SOS
Elsos.net
Be your self – Teddy Juwandi