Ini Dia 10 Jurusan Yang Sedikit Peminatnya Di Universitas Brawijaya


Apakah kamu sedang mencari artikel mengenai Universitas Brawijaya ? atau kamu sedang mencari informasi mengenai jurusan yang sedikit peminatnya di Universitas Brawijaya ? jika kamu memang mencari informasi tersebut maka kamu telah ada di tempat yang benar karena kali ini Elsos.net akan memberikan informasi mengenai jurusan yang sedikit peminatnya di Universitas Brawijaya.Universitas Brawijaya merupakan salah satu PTN yang cukup terkena di Indonesia. Kamu cukup menyebutkan huruf U dan B maka orang lain sudah tau bahwa UB itu adalah Universitas Brawijaya.

Universitas Brawijaya juga merupakan salah satu PTN yang menghasilkan mahasiswa/i yang unggul dalam berbagai bidang dan tentunya punya prestasi yang membanggakan.Pilihan kamu tepat kalau kamu memilih Universitas Brawijaya sebagai tempat kamu untuk kuliah. Ada banyak jurusan yang terdapat disini dan kamu bisa mencoba untuk masuk ke jurusan tersebut.

Setidaknya untuk masuk ke Universitas Brawijaya kamu harus mengikuti SBMPTN yang mana pesaing dari SBMPTN cukup banyak.Kamu juga butuh strategi untuk bisa masuk ke PTN ini. Salah satu strategi untuk meningkatkan peluang kamu bisa masuk ke sini adalah mencari jurusan yang sepi peminat namun tetap eksis ketika lulus nanti. Untuk itu ini lah dia 10 jurusan yang sedikit peminatnya di Universitas Brawijaya.

Jurusan Yang Sedikit Peminatnya Di Universitas Brawijaya

1. Jurusan Fisika

jurusan fisika

Buat kamu yang masih duduk di bangku SMA sekarang ini dan kamu suka dengan pelajaran fisika maka tidak ada salahnya untuk kamu mencoba kuliah dijurusan ini. Pada tahun 2016 peminat dari jurusan ini ada sebanyak 291 orang dan daya tampungnya adalah 30 orang. Peluang kamu untuk di terima di jurusan ini sekitar 10%. Cukup menjanjikan bukan ? dengan jurusan yang sedikit peminatnya di Universitas Brawijaya kamu punya peluang besar di sini.

Kalau kamu bingung dan ragu akan jurusan ini karena prospek kerjanya maka kamu sebaiknya perlu untuk berpikir ulang lagi. Ada banyak prospek kerja yang bisa kamu ambil ketika kamu lulus nanti, misal menjadi pengajar, dosen, peneliti, penulis, tentor, penemu, perancang aplikasi pendidikan, menjadi menteri, pns, dan yang lainnya.

Baca Juga Mengenai 7 Jurusan Sepi Peminat Dengan Prospek Bagus. 

2. Jurusan Teknologi Hasil Perikanan

jurusan perikanan

Apa yang terbayang di pikiran kamu saat mendengar kata jurusan teknologi hasil perikanan ? membuat alat-alat yang nantinya mendukung sektor perikanan ? atau malah mempelajari cara guna dari teknologi dan dimanfaatkan ke sektor perikanan ? ya lebih kurang begitulah mengenai teknologi hasil perikanan.

Jurusan teknologi hasil perikanan merupakan jurusan yang sedikit peminatnya di Universitas Brawijaya. Pada tahun 2016 jumlah peminat dari jurusan ini ada sebanyak 490 peserta dengan daya tampung 60 peserta. Sekitar 12% peluang kamu untuk bisa masuk ke jurusan ini.

Untuk masalah pekerjaan juga jangan di ragukan lagi. Faktanya dunia ini berisi 70% air dan 30% darat. Dari fakta tersebut saja kamu sudah bisa tahu seberapa besar prospek kerja untuk lulusan teknologi hasil perikanan apalagi kalau kamu adalah lulusan yang berprestasi.

3. Jurusan Instrumentasi

jurusan sepi peminatnya di UB

Bagi kamu yang baru saja mendengar kata instrumentasi jangan langsung menggangap remeh jurusan ini. Instrumentasi merupakan sebuah jurusan yang cocok buat kamu yang suka di bidang robotika, teknologi, dan komputasi. Jadi bisa dibilang instrumentasi ini merupakan jurusan yang memakai 3 bidang keilmuan tersebut untuk membuat sesuatu yang baru. Misal kamu bisa bekerja sama dengan anak yang ada di jurusan komputer untuk membuat robot yang pandai memasak.

Peluang kamu untuk bisa diterima di sini juga cukup besar. Kamu punya peluang sekitar 10% untuk masuk dimana itu dibuktikan dengan jumlah peserta yang bersaing untuk masuk ke jurusan ini ada sebanyak 179 peserta dan yang diterima hanya 20 peserta. Apa pendapatmu dengan jurusan yang sepi peminatnya di Universitas Brawijaya ini ?

4. Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi

teknik informatika

Mungkin kamu sudah tahu mengenai jurusan yang satu ini. Jurusan yang sepi peminatnya di Universitas Brawijaya yang selanjutnya adalah jurusan pendidikan teknologi informasi. Jurusan ini adalah jurusan yang cukup seru sebenarnya karena kamu akan mempelajari banyak hal mengenai proses pembelajaran tentang sebuah teknologi untuk menyampaikan informasi.

Dari tahun 2016 ada sebanyak 241 peserta yang mendaftar dan yang di terima di jurusan ini ada sebanyak 30 peserta. Persentase untuk kamu bisa masuk ke sini sekitar 12%. Dengan adanya hal ini juga bukan berarti kamu belajarnya tidak maksimal ya. Kamu juga harus memaksimalkan proses belajar kamu agar peluang kamu semakin besar.

5. Jurusan Teknik Geofisika

jurusan geofisika di UB

Jurusan yang sepi peminat dari Universitas Brawijaya selanjutnya adalah jurusan teknik geofisika. Jurusan ini sebenarnya sepi namun kuotanya cukup terbatas. Ketika kamu masuk ke jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu bumi dengan bantuan fisika. Jadi jangan kira kalau masuk ke sini kamu tidak akan berhubungan dengan fisika ya.

Untuk tahun 2016 sendiri sebanyak 475 peserta yang mendaftar ke jurusan teknik geofisika ini dan yang diterima hanya 17 peserta. Memang cukup sadis tapi ini adalah jurusan yang sepi peminatnya di Universitas Brawijaya bagian Saintek.

6. Jurusan Bahasa dan Sastra Perancis

try out sbmptn

Kalau kamu suka dengan bahasa Perancis dan suka dengan budaya dari Perancis serta tertarik dengan kota romantis ini maka kamu bisa mencoba masuk ke jurusan ini. Di jurusan ini selain kamu belajar bahasa perancis, kamu juga akan diajarkan mengenai budaya dan sedikit hubungan antara negara kita dengan negara perancis ini.Masalah prospek pekerjaan jangan di ragukan lagi. Kamu bisa jadi tour gate, bisnis ekspor-impor dengan negara perancis, agen travel, penerjemah, duta, dan masih banyak lagi. Tentunya hal tersebut akan mengasikan dan ditambah lagi kalau misalnya kamu melanjutkan pendidikan ke negara tersebut.

Pada tahun 2016 jumlah peserta yang mendaftar ada sebanyak 170 peserta dan yang keterima sebanyak 27 peserta. Dari data tersebut peluang kamu untuk lulus sekitar 12%. Tentu saja nilai tersebut cukup besar dibandingkan jurusan yang sepi peminatnya di PTN yang lain.

7. Jurusan Pendidikan Bahasa & Sastra Jepang

cara memilih jurusan kuliah

Jurusan ini juga diperuntukkan kamu yang punya minat mengetahui budaya dari Jepang lebih mendalam dan mempelajari huruf dan bahasanya. Jepang sendiri merupakan negara maju dan terkenal akan budayanya yang begitu berkarakter di mata dunia. Jadi wajar saya kalau kamu tertarik dengan negara ini.

Mengenai prospek pekerjaan juga hampir sama dengan jurusan bahasa & sastra perancis. Kamu bisa menjadi penulis, duta, pegawai di perusahaan milik jepang, penerjemah, wirausahawan, dan masih banyak lainnya.

Untuk masalah keketatan di jurusan yang sepi peminat di Universitas Brawijaya ini, kamu punya peluang sekitar 9%-an. Pada tahun 2016 ada sebanyak 186 peserta yang bersaing dan yang diterima ada sebanyak 18 orang. Kabar gembira juga datang dari jurusan ini karena pada tahun 2017 kuota dari jurusan ini ditambah 6 kursi sehingga menjadi 24 kursi.

8. Pendidikan Bahasa & Sastra Inggris

jurusan sepi peminat

Bahasa inggris merupakan bahasa universal. Bisa dipakai dimana saja dan kapan saja sudah mirip dengan iklan-iklan yang ada di TV. Wajar saja jika banyak yang jatuh cinta dengan bahasa maupun kebudayaan dari Inggris ini.

Kalau kamu jatuh cinta dengan jurusan ini kamu bisa coba untuk kuliah di jurusan bahasa & sastra inggris ini.
Tahun 2016 sendiri kamu punya peluang sekitar 7%-an yang mana pesaing pada saat tahun 2016 ada sebanyak 652 peserta dengan kuota 47 peserta.

9. Jurusan Sastra Cina

jurusan yang peminatnya sepi

Entah kenapa jurusan sastra tidak terlalu banyak peminatnya. Ini juga dibuktikan dari jurusan sastra cina yang punya pesaing pada tahun 2016 sebanyak 158 peserta dan kuota 23 peserta. Kamu punya peluang sekitar 14% untuk bisa masuk ke jurusan ini.

Untuk masuk ke pasar cina selain bahasa inggris, bahasa cina juga membantu kamu di pasar tersebut. Paling tidak kamu nantinya bisa jadi pengusaha sukses kalau bekerja sama dengan negara cina dalam bentuk ekspor atau impor.

10. Jurusan Seni Rupa Murni

seni rupa murni

Di jurusan ini kamu punya peluang sebanyak 22% untuk bisa masuk ke Universitas Brawijaya. Prospek dari jurusan ini juga banyak. Apalagi kalau kamu memang benar adalah pengila seni. Untuk masuk ke sini memang tidak mudah selain bidang akademik kamu juga harus menonjolkan bakat kamu mengenai seni. Ntah itu melukis, memahat, atau yang lainnya pada saat tes SBMPTN nanti.

Pada tahun 2016 sendiri jurusan yang sepi peminatnya di Universitas Brawijaya ini punya pesaing sebanyak 132 peserta dan yang diterima sebanyak 30 peserta. Cukup berpeluang bukan ?

Kesimpulan Dari Jurusan Yang Sepi Peminat di Universitas Brawijaya

10 jurusan di atas merupakan jurusan yang sepi peminatnya di Universitas Brawijaya. Bukan berarti ketika kamu mengetahui informasi ini kamu mulai tenang dan menggangap remeh SBMPTN. Jadikan informasi ini sebagai referensi dan tentunya kamu juga harus memaksimalkan proses belajar kamu agar peluang kamu keterima di PTN semakin besar. Jadi sudah sampai manakah persiapan kamu ?

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi