Menyerah Bukan Suatu Alasan


Bukan api namanya kalau tidak panas, bukan es namanya kalau tidak dingin, bukan hidup namanya kalau tidak ada tantangan. Hidup ini memang penuh dengan tantangan. Ketika masalah datang dan terselesaikan kemudian masalah tersebut akan kembali datang menemui pemiliknya, seakan masalah tersebut merupakan sebuah kebutuhan yang harus didapatkan oleh setiap manusia tapi masalah kembali muncul ketika yang menerima masalah ini adalah semua mahluk hidup jadi cukup adil bukan ?

menyerah bukan suatu alasan

Manusia akan terkena masalah jika dia melakukan sesuatu yang salah atau ada hal yang melenceng dalam kehidupannya. Ikan akan terkena masalah jika lingkungannya tidak sesuai dengan dirinya, bahkan bakteri juga akan bermasalah jika suhu di sekitarnya tidak sesuai dengan kondisi ia hidup. Kondisi di bumi ini penuh dengan yang namanya masalah mulai dari yang kecil hingga masalah terbesar.

Setiap mahluk sebenarnya sudah dipersiapkan untuk menghadapi yang namanya masalah tersebut. Hingga pada suatu titik mahluk tersebut akan merasa jenuh dengan masalah tersebut. Saat mereka mulai jenuh akan ada rasa tidak sanggup dalam melawan masalah tersebut, mungkin saja rasa tersebut timbul akibat dari tidak menemukan jalan keluar atau mendapatkan sebuah masalah yang berkepanjangan. Hingga saat itulah semua mahluk akan lelah dan mulai mengatakan pada dirinya bahwa dia tidak sanggup menerima masalah itu dan mengucapkan menyerah dengan hidup ini.

Baca juga mengenai masalah UN di sini.

Gampangnya bagi mereka yang tertolong oleh orang lain mereka akan punya daya untuk melawan masalah tersebut. Untuk melawan sebuah masalah butuh banyak energi dan penyemangat hidup agar seketika kamu menghadapi sebuah masalah kamu tidak akan jatuh ke titik yang paling rendah tadi. Kamu butuh seseorang saja untuk bisa menyemangati kamu menaklukan sebuah masalah dan masalah itu akan pecah. Orang tersebut bisa saja orang tua kamu, kakak atau adik kamu, pacar, tunangan, atau istri/suami kamu.

Tapi bagaimana jika kamu tidak punya orang-orang tersebut ? mungkin hasrat untuk mengakhiri hidup lah yang akan terus terlintas di bena mereka. Salah satu cara untuk mengatasi hal seperti ini adalah diri sendiri. Kunci dari semua masalah ada pada diri sendiri, ketika kamu tidak punya siapa-siapa yang mendukung diri kamu dalam menghadapi semua masalah maka yakinilah diri kamu untuk bisa menghadapi masalah tersebut. Memang tidak mudah untuk meyakini diri sendiri tapi yang saya tau selama ini jika kita menghadapi sebuah masalah dengan yang namanya keyakinan, kemauan, kejujuran, dan kerja keras maka tidak ada hal yang tidak mungkin.

Meyakinkan diri sendiri untuk tidak menyerah sama saja dengan halnya berbicara dalam sebuah kelas kosong yang isinya hanya benda mati dan kamu sendiri lah yang berbicara di kelas tersebut. Terlihat bebas namun rasa kesepian menyelimuti kelas tersebut.

Berjuang melawan arus dunia ini tidak semudah yang kita semua bayangkan. Ada yang mereka punya nasib yang bagus dan dengan gampangnya melawan arus tersebut dengan kapal yang canggih, keren, dan hebat. Ada juga yang nasibnya tidak bagus harus melawan arus dengan sebuah perahu dan harus mendayung dengan tangan sekuat tenaga. Begitu lah cara dunia ini menyeimbangkan kehidupan ini.

Jika ditanya siapa yang mau lahir di kondisi terbawah maka mungkin semua akan menjawab tidak. Sebuah kisah ditulis dari dia lahir hingga dia mati. Akan menjadi cerita yang sangat sempurna ketika kamu berhasil melewati arus tersebut dari keadaan kamu terbawah hingga teratas, akan ada sebuah kebanggaan dan pengalaman yang luar biasa ketika kamu mengingat semua itu.

Banyak mereka yang berhasil, dimana mereka mungkin dulunya lebih buruk dari anda tapi mereka berhasil dan jawabannya juga mereka berikan yakni mereka tidak pernah menyerah dalam menghadapi sebuah masalah dan itu menjadi kunci dari mereka berhasil hingga saat ini.

Ketika kamu punya sebuah masalah mungkin akan menjadi berat namun kamu bisa mencoba untuk ingat bahwa ada orang yang dibawah kamu dengan keterbatasan fisik, mental, ekonomi, dan yang lainnya, namun hingga sekarang mereka tidak pernah menyerah dengan semua masalah tersebut. Jadi apakah kamu akan kalah dengan orang yang dibawah kamu dan menyerah dengan kehidupan ini ?

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi