Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia, Nomor 5 Paling Keren.


Welcome back guys.. apakah kamu sedang mencari artikel mengenai prospek kerja sastra indonesia ? artikel prospek kerja jurusan sastra indonesia ? atau kamu sedang mencari artikel mengenai peluang kerja dari lulusan sastra indonesia ? jika memang itu yang kamu cari maka kamu harus membaca artikel ini hingga selesai.

“Lulusan dari sastra indonesia nanti mau jadi apa bro/sis ?”

begitu lah kira-kira yang ditanyakan oleh orang lain pada saat kamu kuliah di jurusan yang tidak wow. Jurusan yang tidak wow disini maksud saya adalah jurusan dimana prospek kerjanya terlihat sedikit dan tidak banyak dibutuhkan di masyarakat nantinya. Hal ini berbeda dengan mereka yang kuliah di jurusan hukum, kedokteran, teknik, akuntansi, dan ekonomi yang banyak dibutuhkan di era ini.

Sastra Indonesia sendiri banyak di pandang sebelah mata bagi beberapa orang. Tak sedikit pula yang berpikir jika kuliah disini maka masa depannya akan suram. Tapi jika ditanya tentang masa depan maka jawabannya semua orang punya kesempatan yang sama dalam menentukan masa depannya. Tak peduli kamu berasal dari jurusan apa atau tidak kuliahpun semua orang punya kesempatan yang sama di masa depan.

Saya sendiri awalnya menganggap remeh dengan yang namanya sastra indonesia namun setelah saya ingin menulis artikel ini dan mencari beberapa sumber ternyata prospek kerja sastra indonesia cukup banyak. Selama bahasa Indonesia menjadi sebuah bahasa dalam negara ini maka kamu tidak perlu khawatir dengan yang namanya prospek kerja dari jurusan sastra indonesia. Berikut ini lah prospek kerja sastra indonesia.

Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia.

prospek kerja jurusan sastra indonesia

1. Editor

Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar kata editor ? mungkin kamu akan terpikirkan kata novel, koran, atau yang lainnya. Dimana kerjaan kamu nantinya mengoreksi atau mengedit tulisan yang salah menjadi benar. Ya lebih kurang pekerjaan seorang editor seperti itu.

Jika kamu ingin masuk ke jurusan sastra indonesia, kamu nantinya punya kesempatan menjadi seorang editor karena ketika kamu kuliah kamu akan terbiasa untuk teliti dalam melihat sebuah tulisan dan tentunya ini akan menjadi keuntungan kamu dalam mengoreksi atau mengedit sebuah buku atau tulisan.

Misalnya saja ketika ada novel yang didatangkan dari negara asing dan novel tersebut ingin diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Ini juga akan menjadi tugas seorang editor dalam mengedit atau mengkoreksi tulisan tersebut sehingga tulisan tersebut bisa dibaca dengan layak oleh orang Indonesia.

2. Guru Bahasa

Prospek kerja sastra indonesia membuka peluang paling besar di bidang tenaga pengajar. Bayangkan saja berapa luas negara ini dan butuh berapa banyak tenaga pengajar untuk mengajarkan bahasa indonesia yang baik dan benar.

Untuk saat ini saja negara Indonesia masih membutuhkan tenaga pengajar khususnya di bidang bahasa Indonesia. Jadi kalau kamu memang hobi dengan yang namanya bahasa indonesia dan kamu suka mengajar mungkin menjadi guru bahasa indonesia akan cocok dengan kamu.

Mungkin yang harus diperhatikan oleh pemerintah adalah upah bagi para pengajar bahasa indonesia di negeri ini masih kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari khususnya bagi mereka yang ada di daerah terpencil.

Baca juga mengenai ptn terbaik di Indonesia di sini.

3. Jurnalis

sastra indonesia

Bagi kamu yang lulus dari sastra indonesia kesempatan kamu untuk menjadi seorang penulis terbuka lebar dan luas. Apalagi di zaman ini banyak yang sudah mengembangkan bisnisnya di area internet atau media massa sehingga mereka juga membutuhkan kamu yang bisa menulis dengan bagus.

Prospek kerja ini bisa dibilang cukup banyak peminatnya karena untuk menjadi jurnalis mungkin kamu hanya perlu perbanyak pengalaman penulis dan juga punya karakter tersendiri dalam menulis sehingga itu akan lebih memudahkan kamu masuk ke dunia jurnalis.

Jika kamu sudah menjadi jurnalis jadilah jurnalis yang menyiarkan informasi yang sesuai dengan fakta jangan menjadi jurnalis yang tahunya hanya meneebarkan hoax saja ya 😀 .

4. Dosen

Setelah lulus dari S1 kamu bisa melanjutkan jenjang pendidikan kamu ke S2 dan mendapatkan gelar yang lebih wow. Kamu bisa mecoba menjadi dosen di perguruan tinggi yang ada.

Jangan takut dengan saingan yang ada di Indonesia, yakinkanlah diri kamu bisa maka kamu pasti bisa. Jika kamu ingin mendapatkan upah yang lumayan besar kamu juga bisa mencoba menjadi dosen sastra indonesia di luar negeri, contohnya kamu bisa menjadi dosen di negara jepang, australia, korea selatan dan ukraina. Keren bukan ?

5. Penulis

Yupz.. profesi yang satu ini menurut saya cukup keren karena dengan menulis kamu bisa menyalurkan pemikiran kamu terhadap pembaca. Tentunya ini akan membuat kamu menjadi pribadi yang unik dan berkarakter kuat karena kamu terbiasa punya pemikiran sendiri dalam menyampaikan suatu hal.

Disini kamu bisa menjadi penulis novel, drama, buku, blogger atau yang lainnya. Bagian novel merupakan tambang bagi para penulis karena peminat novel di Indonesia itu cukup banyak, kamu bisa melihat tokoh atau mereka yang sukses di bidang penulis misalnya seperti : raditya dika, ilana tan, dee lestari, andrea hirata, dan masih banyak lagi penulis dari indonesia yang berkualitas. Jadi jika kamu punya minat dalam menulis silahkan terjun ke bidang ini, karena menulis itu bukan sekedar menulis dan menulis itu lebih dari sebuah seni.

6. Entertainment

peluang kerja sastra indonesia

Prospek kerja sastra indonesia selanjutnya adalah bidang entertainment. Bagi kamu yang nantinya kuliah di jurusan sastra indonesia kamu bisa mencoba bekerja di bidang entertainment.

Pengalaman kamu ketika kuliah dan kamu biasa tampil di pentas dengan pede serta ditambah kemampuan kamu membaca dan menulis yang luar biasa, ini akan membuka peluang besar untuk kamu bisa bekerja di bidang entertainment.

Di entertainment kamu bisa mencoba menjadi penulis, artis, editor, atau yang lainnya. Yang intinya disini kamu harus bisa multitasking dan tentu saja upah yang kamu terima akan sebanding dengan pekerjaan kamu.

Kesimpulan Prospek Kerja Jurusan Sastra Indonesia.

Jika kamu memang berniat untuk kuliah di jurusan sastra indonesia sebaiknya kamu jangan terlalu fokus untuk menentukan prospek kerja atau peluang kerja. Lebih baik kamu fokus dengan skill yang kamu punya dan kembangi skill tersebut sehingga nanti ketika lulus kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Saran dari saya kembangkan juga skill lainnya sehingga nantinya kesempatan kamu untuk bekerja di berbagai bidang akan terbuka lebar. Jadi intinya belajar terus dan tetap semangat.

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi