SBMPTN itu apa ?


Hello guys ! selamat datang di elsos.net. Apakah kamu lagi nyari info tentang SBMPTN ? atau kamu belum tau banyak tentang SBMPTN ? atau mungkin nggak tau sama sekali tentang SBMPTN ? kalau belum maka kamu harus simak artikel ini sampai habis ya …

Untuk masuk ke PTN yang kamu inginkan biasanya itu ada tiga jalur yang bisa kamu lalui, yakni, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan UM (Ujian Mandiri). Tiga jalur itu punya kelebihan dan kelemahan masing-masing. Intinya jika kamu ingin masuk ke PTN yang kamu inginkan kamu harus lulus diantara 3 jalur itu, gampangkan ? tapi yang akan kita bahas kali ini adalah SBMPTN. Oh ya kamu bisa cek PTN yang ada di Indonesia di sini.

SBMPTN.. yupz.. kata ini bakalan sering lo dengar ketika lo duduk di kelas 3 SMA atau lo bisa dengar kata ini dari alumni yang gagal ketika berperang (RIP Alumni), SBMPTN sendiri akan jadi momok yang sangat menakutkan bagi mereka yang sudah pernah menghadapinya atau akan menghadapinya dalam waktu yang dekat, jadi sebenarnya apa sih SBMPTN itu ?

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Apa itu SBMPTN

1. Apa itu SBMPTN ?

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah sebuah seleksi yang dilakukan oleh setiap PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang ada di Indonesia dengan tujuan untuk mendapatkan calon mahasiswa/i terbaik agar dapat dan mampu “bertahan hidup” ketika masuk di dunia perkuliahan nanti. Intinya SBMPTN itu tes seleksi yang dilakukan oleh sebuah universitas untuk mendapatkan calon mahasiswa/i terbaik. Jadi bagi kamu yang ingin masuk PTN kamu bisa mengikuti jalur SBMPTN ini untuk masuk PTN yang kamu impikan. Kamu bisa melihat info SBMPTN lengkap di sini.

Baca juga tentang SNMPTN, klik di sini.

2. Kenapa SBMPTN menjadi momok yang menakutkan ?

Ketika ujian SBMPTN semakin dekat, ini akan menjadi momok yang sangat menakutkan dan tentu saja greget. SBMPTN terdiri dari 3 bidang uji yakni, saintek, soshum, dan ipc. Saintek dan soshum mempunyai soal sebanyak 150 butir dan tentu saja dalam waktu yang singkat mereka harus bisa mengerjakan soal sebanyak itu, sedangkan ipc sendiri punya soal sebanyak 210 butir dengan waktu yang singkat juga tentunya. Berikut ini adalah jadwal dari SBMPTN

Jadwal SBMPTN

Dengan waktu sesingkat itu dan soal sebanyak itu kita asumsikan bahwa seseorang harus bisa mengerjakan satu soal dalam waktu satu menit, belum lagi dari pendaftar tahun 2016 sebanyak 721.326 peserta yang lolos SBMPTN hanya 126.804 peserta, apa ini kurang menakutkan bagi kamu ? tapi tenang saja SBMPTN tidak seseram itu, jika kamu mau belajar dan berusaha mulai dari sekarang kamu pasti bisa masuk PTN yang kamu inginkan.

3. Bagaimana sistem penilaian SBMPTN ?

Untuk masalah yang satu ini saya sebenarnya tidak terlalu tau dan mungkin hanya panitia SBMPTN lah yang tau bagaimana sistem penilaiannya. Tapi mungkin ada satu cara yang mungkin menurut saya paling mendekati dalam sistem penilaian SBMPTN, jadi misalnya kuota atau daya tampung dari PTN yang kamu idamkan sebanyak 45 kursi dan pesaing yang ada itu 3.000 orang maka nanti akan di ranking nilainya dari yang paling tinggi sampai paling rendah dan tentu saja 45 orang dengan nilai tertinggilah yang akan masuk ke PTN tersebut. Jadi aturlah strategi sebaiknya karena benar satu itu (+4) dan salah satu itu (-1) jangan sampai masalah ini jadi bumerang bagi langkah untuk menuju PTN idaman kamu.

4. Bagaimana jika saya tidak lulus SBMPTN ?

info sbmptn

Ingat kata pepatah zaman dahulu “banyak cara menuju Roma”. Bagi kamu yang belum lulus dalam mengikuti SBMPTN kamu bisa ikut ujian ini tahun depan atau kamu bisa mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh universitas negeri lainnya. Jadi tenang saja jika kamu belum beruntung di jalur ini, yang penting tetaplah berusah dan semangat 😀

5. Apa saja keuntungan dan kelemahan SBMPTN ?

Setiap hal pasti punya keuntungan dan kelemahan begitu juga buat SBMPTN. Keuntungan yang bisa kamu peroleh dari SBMPTN ialah biaya masuk lebih murah daripada UM (Ujian Mandiri) dan tentunya banyak peluang buat kamu bisa menerima beasiswa ketika kamu menjadi mahasiswa di PTN nantinya, jadi bagi kamu yang berekonomi menengah atau menengah ke bawah masih banyak kesempatan kamu untuk mendapatkan beasiswa ketika lulus di jalur ini nantinya.

Kelemahan dari SBMPTN sebenarnya tidak ada tetapi mungkin ada hal yang bisa menjadi penghambat buat kamu masuk yaitu saingan kamu yang begitu banyak, bayangkan saja yang diterima itu kurang dari 20% dari total peserta, tentu saja ini akan menjadi penghambat buat kamu masuk tapi juga jangan menjadikan diri kamu negatif dengan mendoakan mereka yang ikut SBMPTN supaya tidak lulus juga ya … jangan seperti itu jadilah terus positif sehingga kamu akan mendapatkan banyak hal positif :D.

Kesimpulan dari SBMPTN !!

tentang SBMPTN

Jadi intinya SBMPTN itu adalah sebuah tes sleksi, dimana pesaing kamu itu seluruh anak indonesia yang memperebutkan kursi yang ada di PTN dan tentunya mereka punya tujuan yang sama dengan kamu yaitu ingin yang terbaik untuk dirinya sendiri, jadi jangan karena itu kamu mulai takut dengan yang namanya SBMPTN dan yang terpenting mulailah belajar dari sekarang demi masa depan yang baik.

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi

sumber :
http://edukasi.kompas.com/read/2016/06/28/13383391/17.5.persen.peserta.sbmptn.2016.lolos.tes.
http://sbmptn.ac.id/