SMA Jurusan IPA ?? Ini Lho Jurusan Kuliahnya


Apakah kamu sedang duduk di bangku SMA saat ini ? dan kamu sekarang ada berada di jurusan IPA ? serta kamu belum tau nantinya kuliah dimana dan bisa kuliah dimana ? tenang saja. Kali ini kami akan memberikan informasi tentang jurusan IPA bisa kuliah di jurusan mana saja.

Jurusan IPA di SMA selalu terkenal dengan orang-orang yang serius, gila belajarlah, kutu buku, dan yang lainnya. Namun itu hanya pandangan semata dan tidak bisa dianggap benar. Banyak dari mereka yang masuk ke jurusan IPA mungkin karena ikut-ikutan atau masih bingung dengan masa depannya dan memilih jurusan ini karena ingin cari aman.

Semasa SMA jurusan IPA memang sering kali dianggap keren apalagi di mata masyarakat kita bahwa yang pintar adalah mereka yang ada di jurusan IPA namun sebenarnya mereka yang berada di jurusan IPS juga tak kalah pintar dengan mereka yang ada di jurusan IPA.

Hingga akhirnya ketika kamu sudah berada di ujung tingkat di kelas XII dan kamu mulai bingung dalam menentukan pendidikan kamu selanjutnya. Muncullah pertanyaan apakah kamu harus kuliah atau tidak. Jika kamu harus kuliah jurusan apa yang harus di ambil. Tapi jika kamu belum tahu jurusan apa yang harus di ambil tidak perlu cemas karena kali ini saya akan memberikan sebuah informasi tentang jurusan apa yang bisa kamu ambil ketika tamat SMA dan tentunya ini buat kamu yang di jurusan IPA.

Jurusan IPA

jurusan kuliah untuk anak ipa

1. Pendidikan Kedokteran

jurusan kedokteran

Bagi kamu yang suka dengan pelajaran IPA dan lebih cenderung suka ke bagian kesehatan atau biologi tidak ada salahnya kamu mencoba masuk ke jurusan kedokteran. Kamu bisa mencoba menjadi dokter umum atau dokter spesialis.

Di jurusan kedokteran ini yang dipelajari bukan biologi doang ya, semua materi IPA itu wajib bisa kamu kuasai kerena dalam bidang kesehatan baik itu fisika, kimia, dan biologi akan selalu digunakan dalam bidang kesehatan.

Baca juga mengenai Tips Memilih Jurusan Kuliah.

Bagi kamu yang merasa tidak bisa menjadi dokter karena masalah ekonomi. Kamu sekarang tidak perlu takut lagi karena pada saat ini sudah banyak perguruan tinggi negeri yang memberikan keringan uang kuliah bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan ini. Bahkan ada yang uang kuliahnya itu gratis. Jadi tidak ada lagi alasan dengan yang namanya faktor ekonomi jika kamu ingin jadi dokter.

2. Teknik Sipil

jurusan teknik sipil

Untuk jurusan untuk anak IPA selanjutnya adalah teknik sipil. Kalau kamu suka sekali dengan namanya hitung-hitungan, menganalisa, dan semua yang berhubungan dengan angka kamu bisa mencoba mencari tahu lebih dalam mengenai jurusan yang satu ini.

Prospek kerja untuk teknik sipil akhir-akhir ini cukup banyak karena setiap ada pembangunan maka lulusan dari teknik sipillah yang dipanggil untuk bertanggung jawab membangun sebuah bangunan. Selain gaji yang sangat tinggi ketelitian juga diperlukan disini. Kalau kamu sampai salah menghitung maka taruhannya adalah nyawa orang. Jadi sepadan dengan gaji yang tinggi dan resiko yang tinggi juga.

Untuk membangun bangunan atau gedung yang sangat besar misalnya rumah sakit, mall, sekolah, atau gedung besar yang lainnya kamu harus melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2. Di jurusan ini kamu juga akan terbiasa untuk berhitung dan di jurusan ini lah ilmu fisika bisa diterapkan antara teori dengan prakteknya. Jadi tertarik dengan jurusan teknik sipil ini ?

3. Teknik Informatika

teknik informatika

Teknik informatika merupaka sebuah jurusan untuk kamu yang ada di jurusan IPA dan kamu suka hal yang berbau dengan komputer, lebih tepatnya program perangkat lunak. Ilmu matematika dasar wajib kamu kuasai untuk bisa mendukung kamu ketika kamu kuliah di jurusan ini nantinya karena dasar dari semua teknologi yang kamu pakai saat ini adalah ilmu matematika.

Tapi disini bukan hanya ilmu matematika kamu saja yang harus kamu bisa. Kamu juga harus terbiasa dengan namanya programming dan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman sangatlah banyak dan kamu juga harus mengenal bahasa tersebut. Memang terkesan kuliah disini berat tapi kalau sudah lulus nanti akan ada hasil yang sepadan dengan kuliah kamu.

Untuk membuat satu program saja itu kamu bisa berpotensi mendapatkan uang sebesar 1-3 jutaan untuk satu program yang dijual di Indonesia. Bagaimana kalau kamu bisa membuat program yang cukup membantu banyak orang dan kamu pasarkan di pasar Internasional ?

Salah satu contoh hasil dari TI ini adalah facebook, google, amazon, windows, imac, linux, dan tentunya masih banyak lagi. Salah satunya juga adalah Elsos.net 😀 .

4. Pertanian

jurusan pertanian

Suka dengan yang namanya biologi ? atau kamu suka dengan yang namanya menanam tumbuhan baik dalam skala kecil dan skala besar ? kamu bisa mencoba masuk ke jurusan pertanian.

Selain masalah menanam kamu juga akan diajarkan bagaimana mengolah sebuah perusahaan pertanian dan masih banyak lagi yang bisa kamu pelajari dalam jurusan ini tentunya dalam skala kecil maupun skala besar.

Prospek kerja untuk jurusan ini juga sangat amat banyak. Selama manusia butuh makanan dari yang namanya tumbuhan selalu ada peluang bagi kamu untuk bekerja atau membuat profit dari kesempatan itu. Apalagi sekarang produksi beras di Indonesia masih belum cukup untuk menutupi kebutuhan beras seluruh penduduk di Indonesia. Itu dibuktikan dari impor beras dari negara lain ke negara kita yang tercinta ini. Jadi apakah kamu mau menjadi salah satu orang yang akan meyelamatkan negara ini dari yang namanya kekurangan beras ?

5. Arsitektur

jurusan arsitektur

Jurusan arsitektur juga merupakan jurusan yang bisa kamu ambil kalau kamu sekarang berada di jurusan IPA. Kamu jago menggambar ? tapi kamu tidak terlalu pintar dalam bidang akademik ? mungkin jurusan ini cocok dengan kamu.

Bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan arsitektur ini namun tidak pandai dalam menggambar masih ada waktu buat kamu. Segera cari tempat kursus untuk belajar menggambar atau kamu kurang di budget kamu bisa mencoba belajar melalui internet.

Upah yang diterima dari seorang arsitek juga tergolong lumayan besar. Kamu bisa mencari job sendiri atau bergabung dengan sebuah perusahaan besar nantinya.

6. Teknik Mesin

teknik mesin

Jika kamu mau memanfaatkan ilmu kamu di bagian mesin dan kamu adalah salah satu orang yang suka dengan namanya mesin maka kamu bisa mencoba untuk masuk ke jurusan teknik mesin nantinya.

Di jurusan ini biasanya kamu akan lebih banyak praktek dari pada teori. Kamu juga akan bertemu dengan pelajaran biologi, kimia, fisika, dan yang lainnya ketika kamu kuliah. Hal itu dilakukan agar dasar pengetahuan kamu kuat.

Untuk prospek kerja dari lulusan teknik misin ini juga banyak. Salah satunya adalah kamu bisa bekerja dengan perusahaan asing atau perusahaan milik negara dalam bidang yang berhubungan dengan mesin. Kamu juga punya peluang untuk membuat mesin baru, jadi bisa saja kamu menjadi seorang penemu melalui jurusan ini.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi jurusan lainnya yang bisa kamu ikuti nantinya ketika kamu akan kuliah. Bagi kamu anak IPA kamu juga punya kesempatan kuliah di jurusan ekonomi, sosiologi, psikologi, atau jurusan lainnya yang cenderung IPS tapi memang kamu harus mengulang lagi semuanya dari awal kalau memilih jurusan IPS. Jadi mau apapun jurusan kamu yang penting kamu punya passion di jurusan tersebut dan kamu niat untuk kuliah. Jadi apakah kamu sudah tau dengan jurusan yang ingin kamu pilih ?

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi