Kamu Baru Masuk ke SMA ? Kamu Harus Lakukan Hal Ini…


Masa sekolah merupakan masa yang penuh suka duka, mulai dari teman kamu yang paling nakal hingga si culun yang dianggap cupu dimasanya yang mengisi wawrna pada saat kamu sekolah. Sekolah sendiri merupakan sebuah tempat untuk seseorang tumbuh dan mengembangkan karakter dan bakat yang ia punya, tapi tak jarang dari siswa/i yang baru masuk ke tingkat pendidikan selanjutnya malah banyak yang salah langkah dalam menghabiskan masa pendidikannya tersebut, bukan untuk mendapatkan ilmu dan mengembangkan bakatnya malah dihabiskan hanya untuk bersenang-senang semata.

Saya sendiri dikelas X masuk ke jalur sesat, jadi bukan belajar malah kebanyakan main untuk itu di artikel ini saya akan memberikan arahan atau saran dari saya untuk kamu yang akan segera masuk ke SMA atau kamu yang sekarang sudah ada di SMA namun berada di jalan yang bukan kamu inginkan, maka kamu harus membaca artikel ini hingga selesai.

Banyak yang bilang masa SMA adalah masa pencarian jati diri atau masa-masa dimana kamu akan bertindak ingin tahu lebih sehingga di masa ini kamu akan lebih kepo dan tentunnya mudah terjerumus hal yang ada di sekitar kamu. Di masa pencarian jati diri ini bukan berarti kamu harus melakukan atau mencoba semua hal yang kamu belum tau sebelumnya. Di masa ini kamu harus berusaha untuk bisa mengendalikan diri sebaik-baiknya karena masa ini akan sangat menentukan kamu kedepannya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu yang akan segera masuk ke SMA.

5 Tips Ketika Masuk SMA

tips masuk SMA

1. Berteman Dengan Semua Orang

Teman adalah orang yang paling kamu butuhkan ketika kamu masuk SMA entah itu teman untuk kamu curhat, teman baik, teman sehidup semati, teman hidup, atau teman apapun itu, ketika kamu masuk ke yang namanya SMA kamu akan sangat membutuhkan seorang teman, namun teman seperti apa yang kamu butuhkan hanya diri kamulah yang tau.

Saya sendiri ketika berada di SMA memang awalnya tidak terlalu untuk fokus belajar karena bawaannya ingin bersenang-senang aja ketika SMA, misalnya main warnet bareng, futsal, nongkrong, dll. Namun hal ini jika dilakukan secara terus-menerus akan membuat kamu terbiasa dalam kegiatan tersebut sehingga tujuan kamu kesekolah untuk belajar menjadi hilang.

Untuk menghadapi hal yang seperti ini kamu harus sadar kapan kamu harus have fun bersama teman kamu, kapan kamu harus menolak, ketika teman kamu mengajak kamu bermain atau sebagainya. Jangan karena kamu ingin fokus belajar untuk SMA kamu menjauhi teman-teman kamu, tentu ini adalah hal yang salah, tetap dekat dengan mereka jika memang ada waktu luang entah itu seminggu sekali atau dua kali silahkan saja bermain dengan mereka asal dengan batas tertentu. Kita juga butuh hiburan bukan ? tapi jangan keseringan ya :D.

Intinya dalam pertemanan kamu harus pandai-pandai sendiri, untuk lebih amannya bertemanlah dengan semua orang yang ada di kelas kamu baik itu cowok atau cewek yang baik, buruk, nakal, rajin, males, dll. Karena jika kamu bisa berteman dengan semua siswa yang ada di kelas kamu. Ini akan mempermudah kamu pada saat kamu menjalankan kehidupan di SMA.

2. Mulai Buat Target

tujuan SMA

Kehidupan di SMA normalnya hanya berlangsung selama 3 tahun setelah itu kamu akan dihadapkan dengan dunia yang benar-benar berbeda dengan kehidupan kamu di masa SMA. Di masa SMA sendiri banyak siswa/i yang tidak dapat apapun pada saat mereka masuk ke SMA karena tidak ada yang namanya tujuan hidup atau target yang akan mereka capai sehingga mereka tidak akan punya semangat atau motivasi yang kuat dalam menjalankan pendidikan di masa SMA.

Ketika duduk di kelas 2 SMA saya ambil jurusan IPA tanpa punya tujuan dan alasan kenapa saya memilih IPA semua hanya berjalan begitu saja dan jujur menurut saya itu akan sia-sia jika saya belajar hanya untuk sebuah nilai. Jika kamu punya yang namanya target tentunya ini akan mendorong kamu untuk belajar lebih giat lagi ketika kamu berada di SMA nanti.

Baca Juga Tentang SBMPTN dan SNMPTN di sini.

Maka dari itu ketika masuk SMA atau bagi kamu sekarang yang sudah masuk SMA buatlah target hidupmu sekarang mulai dari apa tujuan kamu hidup di dunia ini, mau kemana kamu setelah tamat SMA, apa yang kamu raih ketika kamu ada di SMA, Jika kamu ingin bekerja apa yang harus kamu persiapkan, Skill apa yang harus kamu punya ketika kamu duduk di SMA, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan di masa SMA dengan adanya tujuan dan target yang kamu buat maka masa SMA kamu akan penuh dengan warna.

Jika kamu merupakan salah satu siswa/i dimana teman-teman kamu itu males belajar atau sukanya hanya senang-senang kamu bisa menjadi salah satu orang yang bisa merubah mereka ke arah yang lebih baik nantinya. Kamu tinggal buat tujuan dan target hidup kamu dan tunjukkan tulisan tujuan hidup kamu kepada teman kamu, biasanya mereka akan langsung tercerahkan dalam hitungan detik.

Jadi mulailah merancang tujuan hidup kamu dan target ketika kamu masuk SMA sehingga hidup kamu akan lebih terarah, jika kamu masih bingung harus mulai dari mana mulailah dari hal yang terkecil 😀 .
*dream book merupakan salah satu contoh buku yang isinya adalah target dan tujuan hidup seseorang.

3. Belajar yang Konsisten

Belajar merupakan sebuah proses perubahan pengetahuan seseorang yang awalnya ia tidak tahu menjadi tahu yang berkaitan dengan sesuatu. Belajar itu sebenarnya asik jika kamu bisa menemukan bagaimana cara belajar yang baik buat kamu. Belajar sendiri itu tidak hanya di sekolah kamu bisa belajar apapun pada saat ini dengan bantuan internet kamu bisa belajar dimanapun dan kapanpun tanpa ada halangan yang berarti, paling halangan yang akan temui hanya masalah kuota internet kamu yang akan habis :D.

Belajar semasa di sekolah juga tak kala penting, proses pembelajaran yang baik akan membuat kamu mudah memahami apa yang sebenarnya kamu pelajari saat ini. Semasa saya SMA saya punya cara belajar sendiri yaitu 1 jam sebelum tidur saya selalu belajar sesuatu tidak dari buku melainkan dari internet. Cara belajar ini cukup efektif bagi saya dan tentunya saya masih ingat tentang apa yang saya pelajari.

Untuk kamu yang akan masuk ke SMA atau sudah berada di SMA sekarang ini sebaiknya kamu cepat mencari cara belajar yang tepat untuk kamu, setelah kamu menemukan cara belajar yang baik buat kamu segeralah belajar dengan jadwal yang konsisten misalnya setiap pulang sekolah kamu meluangkan waktu kamu buat belajar atau yang lainnya. Sehingga kamu akan terbiasa membaca nantinya dan ini akan membantu kamu ketika kamu menghadapi ujian dengan soal yang berisi teks yang panjang dan tentunya kamu akan mendapatkan skill membaca yang baik daripada teman-teman kamu.

4. Kepo Dalam Belajar

Ketika belajar pernah kamu sangat ingin tahu tentang sebuah pelajaran ? jika pernah maka itu bagus akan lebih bagus lagi jika kamu bisa kepo dalam semua pelajaran sehingga kamu akan mendapatkan manfaat yang WOW dari namanya belajar.

Semakin kemari sifat kepo atau sifat ingin tahu kita akan sebuah pelajaran semakin berkurang karena terlalu menggangap remeh sebuah pelajaran atau kamu menggangap bahwa pelajaran tersebut tidak penting, misalnya, apa gunanya saya belajar matematika untuk kehidupan saya ? toh ketika saya bekerja kan tidak ditanya masalah matriks atau konstanta dan variabel…
Memang benar hal demikian tidak terlalu bermanfaat dalam bidang umum namun dalam bidang khusus kamu akan tahu bahwa semua ilmu itu sangat bermanfaat dan bakalan dipakai dalam kehidupan sehari-hari, selain itu bermatematika juga melatih kamu dalam berfikir sehingga kamu akan terbiasa menarik kesimpulan atau mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan secara cepat dan tentunya sistematis. Jika tidak percaya coba mulai belajar matematika dari sekarang dan rasakan bedanya, selamat mencoba :D.

Sifat Kepo seperti diatas jangan kamu terapkan di hanya satu pelajaran tetapi coba kamu terapkan ke semua pelajaran dan setelah kamu terapkan coba deh kamu satukan semua ilmu tersebut kedalam satu hal, sehingga kamu akan benar-benar mendapatkan feel dalam belajar.

5. Aktif

tips di SMA

Aktif disini bukan berarti kamu itu tidak boleh diam ya. Aktif yang dimaksud disini, kamu harus aktif dalam kegiatan yang ada di sekolah maupun luar sekolah mungkin dengan ikut berorganisasi dengan OSIS, mengikuti olmipiade, lomba atau yang lainnya. Sehingga kamu tidak hanya menjadi siswa yang kerjaannya cuman datang, duduk, diam, dan pulang.

Keaktifan kamu ketika berada di tingkat SMA juga akan menambah pengalaman kamu dalam melaksanakan atau mengikuti sebuah kegiatan di luar sana sehingga kamu akan terbiasa berinteraksi dengan dunia luar, tentunya ini akan membantu kamu ketika kamu tamat SMA dan melanjutkan pendidikan kamu ke tingkat SMA nantinya.

Jadilah Siswa/i yang aktif ketika kamu berada di SMA dan tentunya menjadi aktif bukan berarti kamu mengesampingkan belajar di sekolah juga ya, jadi kedua hal ini harus seimbang dan kalau bisa dengan kamu aktif kamu bisa mendorong diri kamu untuk belajar lebih giat lagi ketika di sekolah.

Kesimpulan dari 5 Tips Masuk SMA

Setiap orang punya kelebihan dan kelemahan masing-masing hanya diri kamulah yang tahu tentang kamu sendiri. Jadi cari apa kelebihan kamu dan kembangkan hal tersebut di SMA nanti karena disini bisa menjadi batu lompatan kamu untuk lebih maju kedepannya dan juga jangan malas dalam belajar, belajar itu bukan kegiatan yang membosankan coba saja kamu bayangkan ketika kamu tahu sesuatu yang belum kamu tahu sebelumnya kamu akan menjadi orang yang lebih keren dan WOW dari mereka yang tidak tahu tentang hal tersebut. Jadi tetaplah belajar dan mulai menyatu dengan masa SMA dan yang paling penting tetaplah jadi diri kamu sendiri.

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi