Pilih Jurusan IPA atau IPS ya ??


Welcome back guys… nampaknya sekarang ini ada yang lagi pusing dalam menentukan jurusan ya. Apakah kamu adalah orang yang pusing karena memirikan IPA atau IPS ? jurusan IPA atau IPS ? pilih jurusan IPA atau IPS ? pusing karena masalah tersebut ? tenang saja kamu tidak perlu pusing apa lagi panik jika disuruh memilih jurusan IPA atau IPS karena kali ini Elsos.net akan memberikan tips memilih jurusan IPA atau IPS.

Pada masa SMA kehidupan kamu akan mulai diguncang ketika kamu disuruh dalam memilih jurusan. Antara lain jurusan yang paling umum adalah IPA dan IPS. Lalu muncul lagi pertanyaan seperti “kamu SMA jurusan apa ? di jurusan IPA atau IPS”, ya seperti itu kurang lebih pertanyaannya.

Namun apakah penting memilih jurusan tersebut ketika kamu duduk di bangku SMA ? IYA… itu sangat penting sekali karena akan berengaruh besar terhadap pemilihan jurusan kuliah kamu nantinya. Namun satu hal yang pasti kedua jurusan ini sama-sama bagus dan punya peluang yang sama besar di berbagai bidang.

Untuk itu lah kamu harus bisa berhati-hati dalam memilih jurusan di SMA karena ini bukan seperti memilih sepatu yang bisa di coba dan kalau tidak cocok bisa diganti. Memang ini adalah masalah yang besar dalam menentukan jurusan di SMA ini apalagi kalau kamu merasa kedua jurusan tersebut tidak cocok dengan kamu. Untuk itu berikut adalah tips memilih jurusan IPA atau IPS.

Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS.

tips memilih jurusan sma

1. Ikuti Kata Hatimu

Jurusan IPA atau IPS memang sering kali diperdebatkan ketika kamu duduk di SMA. Tak jarang juga ketika kamu mau memilih jurusan IPA atau IPS banyak teman yang mengajak kamu untuk satu jurusan dengannya karena tidak ingin berpisah dengan temannya adalah alasan untuk kalian satu jurusan.

Tapi tahukah kamu kalau kamu memilih jurusan IPA atau IPS hanya karena teman itu salah besar karena kamu memilih jurusan bukan dengan passion dan kata hati kamu. Hal ini sendiri bisa berdampak ketika kamu ingin kuliah nanti.

Baca Juga Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Baik dan Benar.

Biasanya akan muncul kasus salah jurusan dan tentunya pindah jurusan ketika kamu ingin kuliah nantinya. Hal ini juga akan membuat kamu mengulang semua pelajaran ketika kamu ingin menghadapi SBMPTN. Jadi cobalah untuk memilih jurusan dengan kata hati kamu bukan ikut-ikutan dengan teman apalagi pacar kamu.

2. Minta Saran Dari Ortu

jurusan IPA atau IPS

Tips memilih jurusan IPA atau IPS yang kedua ini adalah minta saran dengan orang tua kamu masing-masing. Tidak ada yang lebih mengerti diri kamu selain diri kamu sendiri dan orang tua kamu. Saya yakin pasti orang tua kamu mengerti kondisi diri kamu dan tahu jurusan apa yang cocok dengan kamu.

Mintalah saran dengan orang tua kamu dalam menentukan apakah kamu cocoknya di jurusan IPA atau malah di jurusan IPS. Saran dari orang tua juga jangan kamu telan mentah-mentah harus ada juga pemikiran dari diri kamu dalam menentukan jurusan ini.

Apabila kamu malah berdebat atau bertentangan dengan orang tua kamu dalam memilih jurusan maka sebaiknya kamu berbicara baik-baik dengan orang tua kamu dan jelaskan apa yang menjadi keinginan dan permasalahan kamu. Orang tua pasti akan luluh dan setuju kalau itu memang yang terbaik untuk anaknya.

Jadi bagi kamu yang masih bingung dalam memilih jurusan IPA atau IPS maka kamu bisa minta saran dari orang tua kamu untuk membantu kamu dalam memilih jurusan ini, selamat mencoba.

3. Cita-cita kamu

cita-cita

Untuk memilih jurusan IPA atau IPS, kamu juga harus menyesuaikan dengan cita-cita kamu. Disini saya menggangap kalau kamu sudah tau passion kamu dan kamu punya cita-cita yang menggunakan passion tersebut.

Misalnya kamu punya passion di bidang kesehatan dan kamu bercita-cita menjadi dokter maka sudah jelas jurusan yang tepat buat kamu adalah jurusan IPA. Misalnya lagi nih kami tertarik dengan bidang bisnis lalu kamu bercita-cita membuka sebuah restoran ternama maka sudah jelas kamu bisa memilih jurusan IPS.

Jadi untuk yang satu ini kembali lagi ke diri kamu, mau kemana kamu nantinya kamu harus tau dan mulai menentukannya dari sekarang.

4. Jangan Takut

Semisalnya kamu sudah tau apa passion dan kamu juga sudah tau kalau kamu ingin ke jurusan tertentu maka jangan takut lagi untuk memilih jurusan tersebut. Ada juga orang yang sudah tau dan sudah pasti ingin memilih jurusan A namun karena mempertimbangkan beberapa hal seperti kondisi lingkungan, pertemanan, dan kondisi lainnya ia tidak jadi masuk ke jurusan A malah lari ke jurusan B.

Pandangan seperti ini juga harus dihapus. Antara jurusan IPA dan IPS itu sama baiknya dan sama bagusnya, tidak ada jurusan yang ketinggalan atau jurusan yang keren dan lainnya. Semua jurusan itu sama saja.

Jadi kembali lagi ke diri kamu. Jika jurusan itu kamu rasa cocok dan sudah pas betul dengan diri kamu maka ambillah jurusan tersebut. Jangan takut dengan pergaulan atau masalah yang lainnya. Kamu ke sekolah untuk belajar bukan ? teman bisa kamu dapatkan di mana saja dan lagi kalau kamu takut terpengaruh menjadi orang yang tidak baik maka kuatkanlah iman kamu dalam berteman 😀 .

5. Saya Belum Temukan Passion Saya…

Tapi akan muncul lagi sebuah pertanyaan. Bagaiamana kalau saya belum menemukan passion saya ?ya.. mau tidak mau kamu harus bisa menemukan passion kamu sebelum menyerahkan surat pemilihan jurusan ke sekolah.

Tapi bagaimana ? gampangnya passion adalah sesuatu yang kamu sukai dan kamu tertarik dengan hal tersebut, bahkan kamu rela untuk ngehabisi waktu kamu dan tidak dibayar sama sekali untuk ngelakuin hal tersebut. Ada tidak hal yang seperti itu di hidup kamu ? jika ada maka hal tersebut adalah passion kamu.

Misal kamu suka menulis dan kamu menyukai seluk-beluk dari penulis dan kamu juga ingin tahu lebih lanjut mengenai menulis walaupun harus membayar dan lagi kamu rela menulis dengan hati walaupun tidak di bayar sama sekali. Dalam hal tersebut berarti passion kamu adalah menulis dan untuk mendukung hal tersebut kamu bisa memilih jurusan IPA atau IPS.

6. Minta Saran Dari Kakak Kelas

Tips terakhir dalam memilih jurusan IPA atau IPS adalah saran dari kakak kelas. Ini nampaknya spele namun ini juga bisa menjadi gambaran bagi kamu kalau kamu melanjutkan di jurusan tertentu.

Kamu bisa minta saran ke kakak kelas yang IPA jika kamu berminat untuk ke jurusan IPA dan kamu bisa bertanya-tanya bagaimana dan apa saja yang dipelajari ketika kamu masuk ke jurusan tersebut. Begitu juga kalau kamu ingin ke jurusan IPS.

Saran dari kakak kelas jangan kamu ambil seratus persen juga. Kamu juga harus menelah dan kalau menurut kamu saran tersebut salah maka jangan di ambil. Ini adalah suatu langkah besar bagi kamu untuk semakin dekat dalam menentukan jurusan IPA atau IPS nantinya.

Kesimpulan Dari Jurusan IPA atau IPS

Dalam memilih jurusan IPA atau IPS tidak boleh asal pilih. Butuh pertimbangan yang benar-benar matang dalam memilih jurusan tersebut. IPA atau IPS adalah dua segi bidang yang sangat berbeda namun dalam kegiatan pembelajaran hampir sama. Selalu ada yang namanya teori dan praktek. Selalu ada juga yang namanya ujian dan tugas-tugas. Tidak ada jurusan yang lebih santai atau yang lainnya. Bagi kamu yang ingin memilih jurusan sesuaikan lah dengan passion kamu. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Kalau belum tau passion kamu silahkan cari dari sekarang. Jadi apakah sekarang kamu sudah tau untuk memilih jurusan IPA atau IPS ?

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi