Berikut Adalah Tips Memilih Jurusan Kuliah Dari Elsos.net


Hello guys… apakah kamu saat ini ingin kuliah namun bingung dalam menentukan dan memilih jurusan ? jika iya, apakah saat ini kamu sedang mencari artikel mengenai tips memilih jurusan kuliah ? atau cara memilih jurusan kuliah ? atau kamu tertarik dengan memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian ? silahkan simak terus artikel ini hingga selesai ya…

Pada saat ini kuliah merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi sudah sama saja dengan kebutuhan pokok. Hak manusia semenjak lahir juga salah satunya adalah mendapatkan pendidikan yang merata dan adil mulai dari lahir hingga tutup usia.

Pendidikan juga merupakan aset yang sangat berharga karena dengan pendidikan kamu bisa merubah seluruh kondisi kehidupan kamu mulai dari sektor sosial, ekonomi, dan yang lainnya. Tentunya itu juga bisa kamu dapatkan jika kamu kuliah karena kuliah adalah bagian dari pendidikan.

Dalam kuliah kamu diharuskan memilih jurusan yang ada dari berbagai macam jurusan yang sangat banyak. Banyak yang mengira memilih jurusan kuliah tidak begitu penting karena yang diutamakan dalam kuliah hanya mencari gelar, namun jika kamu berpikir kalau kuliah hanya untuk mencari gelar maka kamu harus buang pemikiran seperti itu karena kuliah sebenarnya bukan hanya untuk mencari gelar semata tapi mendapatkan pendidikan yang benar-benar merubah kamu menjadi manusia yang lebih dalam pengetahuan, karakter, dan juga mental tentunya.

Jadi untuk itu memilih jurusan kuliah adalah sesuatu yang vital dan tentunya tidak bisa main-main dalam menentukannya karena itu akan sangat berpengaruh dengan masa depan kamu. Berikut ini adalah tips memilih jurusan kuliah dari Elsos.net

Tips Memilih Jurusan Kuliah

tips memilih jurusan kuliah

1. Jangan Ikut-ikutan

Cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah jangan ikut-ikutan. Maksudnya disini adalah jangan ikut-ikutan dalam memilih jurusan kuliah. Biasanya seorang siswa/i yang baru tamat dari SMA akan ikut-ikutan dalam memilih jurusan kuliah dengan temannya, teman yang satu misalnya ingin masuk ke jurusan A karena dia melihat temannya masuk ke jurusan tersebut dan ia tidak ingin terpisah dengan temannya (cie.. ileh…) jadi dia ikut-ikutan masuk ke jurusan tersebut tanpa pikir panjang.

Cara memilih jurusan kuliah yang seperti itu merupakan cara yang salah karena mungkin saja jurusan tersebut bukan passion kamu, tapi kalau ternyata passion kamu dengan teman kamu sama maka sah saja kamu satu jurusan dengan teman kamu tersebut. Jadi hilangkan dalam memilih jurusan kuliah yang seperti ini.

Dampaknya jika kamu memilih jurusan kuliah dengan mengikuti teman atau orang lain nantinya kamu akan menyesal dan mungkin akan berhenti di tengah jalan ketika kamu kuliah. Jadi stop melakukan ini ya guys, kalaupun ada teman kamu yang ingin mengikuti kamu, kamu bisa coba berikan penjelasan ke teman kamu tersebut karena teman mana yang ingin temannya salah jurusan ?? tentunya tidak ada bukan.

2. Sesuaikan Dengan Minat atau Passion Kamu

cara memilih jurusan kuliah

Tips yang kedua ini mengenai tips memilih jurusan kuliah adalah ketika kamu memilih jurusan kuliah kamu harus sesuaikan dengan passion kamu. Passion yang saya maksud disini adalah sesuatu yang kamu minati dan kamu tertarik betul dengan hal tersebut.

Ini juga berhubungan dengan hal di nomor pertama, jika kamu mengikuti teman dalam memilih jurusan kuliah berarti jurusan tersebut bukan passion kamu. Kamu harus bisa menentukan sendiri passion kamu.

Lihat Juga Artikel Mengenai Cara Belajar SBMPTN Tanpa Bimbel Di Sini.

Saya sendiri mencari passion saya dari hobi dan sesuatu yang saya sukai. Jika ada hal yang membuat saya sangat tertarik biasanya saya akan rela menghabiskan waktu tanpa dibayar untuk mencari tahu hal tersebut ketika saya mencari tahu dan mulai penasaran lagi dengan hal tersebut saya memustukan hal tersebut bisa menjadi passion saya.

Contoh ketika saya menulis di blog, saya melihat sesuatu yang menarik ketika menulis mulai dari bunyi keyboard yang ditekan hingga jari jempol saya menekan spasi dengan tekanan yang sedikit keras dari tombol yang lainnya. Belum lagi ketika menulis membuat saya semakin tertarik dalam mencari tahu bagaimana cara menulis yang baik dan benar dan yang lainnya. Setelah semakin jauh dan yakin maka saya menentukan bahwa menulis adalah passion saya.

Begitu juga dengan kamu. Kamu harus bisa menentukan passion kamu. Hanya diri kamulah yang bisa membantu kamu dalam menentukan passion kamu dan ketika kamu menemukan passionmu, kamu akan mudah dalam memilih jurusan kuliah. Selamat mengeksplor tentang diri kamu 😀 .

3. Sesuaikan Juga Dengan Skill Kamu

jurusan kuliah

Skill disini berbeda dengan passion. Dalam cara memilih jurusan kuliah kamu harus menentukan ini juga dengan bijak. Ketika kamu punya yang namanya passion kamu mungkin belum punya yang namanya skill, jika kamu belum punya skill segera pelajari skill yang mendukung passion kamu tersebut sehingga ini akan mematangkan kamu dalam memilih jurusan kuliah dan tentunya hal ini akan sangat menguntungkan kamu ketika kamu mengalami proses kuliah nantinya.

Skill ini juga tidak perlu kamu dalami sangat dalam jika kamu belum punya skill sama sekali untuk passion kamu. Kamu hanya perlu tau skill dasar saja. Ini akan membuktikan kepada diri kamu sendiri bahwa passion kamu sudah benar dan kamu siap dalam memilih jurusan kuliah.

Jika kamu membaca artikel ini dan sudah terlanjur kuliah atau kamu adalah salah satu orang yang salah jurusan kuliah maka kamu bisa mengembangkan passion dan skill kamu ketika kamu kuliah. Tidak ada kata terlambat dalam belajar. Tidak ada larangan bagi kamu untuk belajar bahasa jerman jika kamu masuk ke jurusan sastra korea. Jadi juga masih ada kesempatan bagi kamu yang salah jurusan.

4. Lihat Mengenai Prospek Kerja

kuliah

Bohong rasanya kalau memilih jurusan kuliah tapi tidak melihat prospek atau peluang kerja dari jurusan tersebut tapi biasanya jika kamu mendalami jurusan yang kamu pilih dan sesuai dengan yang namanya passion dan skill kamu maka kamu tidak perlu cemas dengan yang namanya pekerjaan.

Tapi tidak ada salahnya juga kamu cari aman dengan memilih jurusan kuliah yang punya prospek kerja yang umum, kecuali kamu nanti sudah berancang-ancang menjadi wirausahawan atau wiraswasta dan pekerjaan lainnya dimana kamu adalah pendiri atau pemilik.

Semakin banyak peluang atau prospek kerjanya biasanya pesaingnya akan semakin tinggi dan jika kamu memilih jurusan kuliah yang favorit maka kamu harus bersungguh-sungguh dalam kuliah karena sayangkan uang kuliah itu dibayar mahal-mahal tapi tidak kamu manfaatkan denagn maksimal ??

Kesimpulan Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Kalau bisa kamu harus kuliah karena akan sangat banyak hal yang bisa kamu dapatkan ketika kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ini. Tips memilih jurusan kuliah di atas bisa kamu jadikan referensi untuk memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan passion dan skill kamu. Tugas kamu sekarang adalah mencari passion dan skill kamu, jika kamu sudah memiliki kedua hal tersebut berarti kamu sudah siap memilih jurusan kuliah tetapi jika belum ini adalah sesuatu yang harus kamu pertimbangkan dan kamu pikirkan matang-matang karena memilih jurusan kuliah bukan seperti membeli buah di pasar buah. Jadilah bijak dalam memilih jurusan kuliah kamu dan tetap jadi diri kamu sendiri.

Salam SOS
Elsos.net
Be Your Self – Teddy Juwandi